Munarman Bakal Dipanggil Terkait Dugaan Ujaran Kebencian

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

Acuantoday.com, Jakarta―Polisi bakal memanggil Sekretaris Umum FPI Munarman untuk dimintai keterangannya terkait kasus ujaran kebencian. 

Munarman sebelumnya dilaporkan Barisan Kesatria Nusantara atas dugaan penyebaran fitnah dengan menyebut polisi melakukan pembantaian terhadap 6 Laskar FPI, yang tak berdaya melawan karena tak punya senjata api. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan, penyelidikan atas laporan tersebut tengah diteliti Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus). 

Ke depan, tak hanya Munarman yang bakal diperiksa, tapi juga pihak pelapor. 

“Ditkrimsus sudah lakukan penelitian terhadap laporan ini. Rencana akan kita undang klarifikasi pelapor dan saksi yang ada dengan bawa bukti apa yang dilaporkan untuk bisa kita klarifikasi,” kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (22/12). 

Polisi dalam perkara ini, tengah mengusut adanya pelanggaran pidana, sebagaimana yang dilayangkan Barisan Ksatria Nusantara, yakni Munarman pasal 28 ayat (2) jo pasal 45 ayat (2) Undang-Undang RI No.19 tahun 2016 atas perubahan UU RI Tahun 2008 tentang ITE.

Sebelumnya pada Senin (21/12), laporan pengaduan langsung diajukan oleh Ketua Barisan Ksatria Nusantara Zainal Arifin ke Mapolda Metro Jaya. 

Laporan dilayangkan atas keyakinan bahwa ucapan Munarman yang terekam dalam media digital adalah hal bohong dan berpotensi menyebabkan adu domba di tengah masyarakat. 

Menurutnya, bahaya berbohong dan adu domba ini sangat luar biasa. Karena dampak dari ftnah yang dilontarkan Munarman lebih besar dampaknya dari pembunuhan. 

Oleh karena itu, hal-hal seperti ini harus dihentikan dan diantisipasi bila tidak maka negara Indonesia bisa hancur seperti yang terjadi di Suriah, Yaman dan Afganistan. (rwo)

Comments

comments