Napi Vonis Mati Bandar Narkoba Tiongkok Kabur dari Lapas

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus membeberkan fakta pelarian narapidana bandar narkoba asal Tiongkok yang kabur dari Lapas Tangerang. Rohman Prabowo (Acuantoday.com).

Acuantoday.com, Jakarta- Tim khusus kepolisian tengah disiapkan untuk mencari keberadaan Cai Changpan alias Chai Ji Fan, narapidana berkewarganegaraan Tiongkok yang berhasil kabur dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Senin (14/9/2020).

Cai Changpan merupakan bandar besar narkoba dengan jaringan operasi di Indonesia dan dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Tangerang pada Juli 2017 lalu.

Ia kabur dari jeruji besi berkat jalan tikus yang dirancang dari jauh-jauh hari. Pihak kepolisian mengatakan, buron itu menggali tanah dan keluar dari gorong-gorong di sekitar lapas.

Kini Polres Tangerang dibantu Polda Metro Jaya tengah mengejar pria paruh baya itu. “Terkait napi asal Tiongkok yang kemarin melarikan diri dengan menggali tanah dan keluar dari gorong-gorong. Tim sudah kita bentuk bersama-sama dan sudah sudah bergerak untuk mengejar bersangkutan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, di Polda Metro Jaya, Senin (21/9/2020).

Sejauh ini, pihak kepolisian baru mendengarkan keterangan saksi-saksi, mulai dari petugas lapas hingga teman satu sel yang bersangkutan.

Diketahui, Chai Ji Fan sudah merancang ide pelariannya sejak 6 bulan sebelumnya dan diduga ia tak bergerak sendiri. Kepolisian menduga kuat ada bantuan dari oknum petugas lapas.

Pelariannya kali ini, kata Yusri, merupakan yang kedua sejak kali pertama Cai Chang kabur pada Selasa, 24 Januari 2017 lalu. Namun, hanya dalam hitungan jari, dirinya berhasil dibekuk oleh polisi pada 28 Januari 2017 di Sukabumi.

“Caranya serupa ya, melubangi lantai tahanan sampai tembus ke luar pagar sel,” ujar Yusri.(rwo/har)

Comments

comments