Nekat Parkir Sembarangan di Kota Bandung Siap-siap Denda Menanti

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Kuswara saat diwawancara insan pers

Acuantoday.com, Bandung – Dishub Kota Bandung menegaskan tak segan memberi sanksi tegas kepada para pengendara yang nekat parkir sembarangan di wilayahnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub (Dinas Perhubungan) Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan ada beberapa pelanggaran yang ditindak.”Yaitu kendaraan parkir di atas trotoar, lalu parkir pada ruas jalan yang terdapat rambu larangan parkir, kemudian parkir tidak sesuai marka parkir,” ungkap Asep, Kamis (11/2).

Selain itu, lanjut dia, tindakan juga diberikan bagi pengendara yang parkir pada ruas jalan yang tidak terdapat marka parkir hingga membuat kemacetan arus lalu lintas. “Tujuan dari tindakan ini dilakukan Dinas Perhubungan tiada lain untuk mengurangi angka parkir liar di Kota Bandung dan demi memberikan efek jera,” beber Asep.

Di utarakan Asep, berdasarkan peraturan daerah nomor 3 tahun 2020 pasal 49, 50 dan 52 maka pelanggar akan dikenakan retribusi pemakaian kekayaan daerah. “Untuk jenis kendaraan roda dua dan tiga akan dikenakan biaya Rp245.000 per tindakan dan jika menginap maka dikenakan biaya Rp136.000 per hari,” jelas Asep.

Sementara, lanjut dia, roda empat dikenakan sanksi denda Rp525.000 per tindakan dan jika menginap dikenakan biaya Rp304.000 per hari. Roda lebih dari empat dikenakan sanksi denda sekira Rp 1 juta dan jika menginap dikenakan Rp424. 000 per hari.

“Petugas di lapangan juga akan mencari pemilik kendaraan yang melanggar parkir kurang lebih 5 menit dan jika ditemukan maka akan tilang. Jika tidak ditemukan pemilik kendaraan akan diderek,” bebernya.

Lebih lanjut, Asep menambahkan, saat ini pihak Dishub Kota Bandung sedang membuat mobil derek yang khusus untuk menderek kendaraan melanggar parkir liar.

“Kendaraan derek yang ada di Dishub saat ini merupakan derek gantung dan gendong yang lebih banyak melayani permintaan. Direncanakan derek yang akan digunakan yaitu derek otomatis hidrolik,” tandasnya.(dila)

Comments

comments