Berita Terkini

Pengertian Akuntansi: Manfaat, Tujuan dan Fungsinya

Anda pasti sudah sering mendengar istilah akuntansi, bukan? Meski sangat umum, jika ditanya mengenai pengertian akuntansi itu sendiri ternyata masih banyak orang yang bingung...

Syarat dan Cara Lapor SPT Tahunan Offline Maupun Online

Semua memiliki aturan, termasuk dalam urusan perpajakan misalnya syarat lapor SPT tahunan. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan sebelum melaporkan pajak tahunan. Di mana...

PPH Pasal 21: Pengertian, Dasar Hukum, dan Contoh Perhitungan

Setiap orang yang menerima gaji, honorarium, tunjangan, upah, pembayaran dan lain sebagainya wajib dipotong pajak. Pemotongan pajak tersebut biasanya dilakukan oleh pemberi imbalan. Pajak...

Pentingnya Pembukuan Keuangan Pada Perusahaan

Pembukuan keuangan perusahaan ini biasanya digunakan oleh para pebisnis muda yang sering akan lupa untuk kebutuhan. Pembukuan keuangan ini biasanya mereka lebih difokuskan untuk...

Hasil Seleksi UMPTKIN 2024: Berikut Cara Cek dan Berkas Pendaftaran Ulang yang Harus Disiapkan

Hari ini, Senin, 8 Juli 2024, hasil seleksi UMPTKIN 2024 atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri 2024 diumumkan. Para peserta dapat mengakses...
HomeNewsAkhirnya Resmi Dibuka! Begini Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 70, Bisa Dapat...

Akhirnya Resmi Dibuka! Begini Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 70, Bisa Dapat Rp 3,5 Juta

Hari ini, Jumat (5/7) Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 70 resmi dibuka. Kabar ini disampaikan oleh Program Prakerja melalui akun instagram resminya @prakerja.go.id.

Berdasarkan akun Instagram tersebut, pendaftaran kartu prakerja gelombang 70 dibuka hingga Senin, 8 Juli 2024 pada pukul 23.59 WIB.

“KAMU MEMINTA, MIMIN MENGABULKAN! Siapa yang dari kemarin sibuk nanyain kapan pembukaan gelombang mulu tiap mimin ngepost?

“Nih dikabulin, Gelombang 70 DIBUKA! Yuk Sob segera klik “Gabung Gelombang” sekarang di dashboard Prakerja kamu!”

“Bagi yang belum mendaftar, segera daftar secara mandiri melalui www.prakerja.go.id agar #JadiBisa ikut gelombang seleksi kali ini.” dikutip dari Instagram @prakerja.go.id.

Perlu diketahui, Kartu Prakerja adalah sebuah fasilitas pada program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan/atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program kartu prakerja juga dapat diikuti oleh semua pelaku usaha khusunya bagi mereka yang memiliki usaha mikro.

Program ini berupa beasiswa pelatihan di berbagai bidang untuk meningkatkan kompetensi kerja, wirausaha, dan hal-hal baru yang mungkin di luar dari latar belakang pendidikan yang kita miliki.

Manfaat mengikuti program kartu prakerja

Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika mengikuti program kartu prakerja, mulai dari mencoba jenis keterampilan baru hingga memperdalam suatu ilmu pada bidang yang dikuasai dengan mengikuti pelatihan yang tersedia dalam program ini.

Tak hanya itu, dengan mengikuti program kartu prakerja, para peserta akan mendapatkan dana mengikuti pelatihan dan modal mencari kerja dengan total Rp. 4,2 juta per individu dengan rincian seperti berikut:

  • Saldo bantuan pelatihan Rp. 3.500.000
  • Insentif biaya mencari kerja sebesar Rp. 600.000
  • Insentif pengisian survey evaluasi 2 kali sebesar Rp. 50.000 x 2 = Rp. 100.000

Syarat daftar kartu prakerja

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18-64 tahun
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri,
  5. Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawaspada BUMN atau BUMD
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara mendaftarkan diri pada program kartu prakerja

Langkah untuk mendaftarkan diri pada program kartu prakerja sama seperti gelombang-gelombang sebelumnya, seperti berikut:

  1. Buka www.prakerja.go.id
  2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta Nomor Induk Kependudukan yang Anda miliki
  3. Masukkan data diri dan ikuti seluruh petunjuk yang muncul pada layar.
  4. Verifikasi KTP dan KK dengan memasukkan 16 digit NIK, 16 digit KK dan tanggal lahir kamu.
  5. Lengkapi data diri dan unggah foto e-KTP.
  6. Scan wajah dengan cara mengedipkan mata, kemudian klik gunakan foto.
  7. Menjawab pertanyaan tentang alasan mengikuti Kartu Prakerja.
  8. Isi pertanyaan mengenai pelatihan yang diminati dan keterampilan.
  9. Verifikasi nomor HP kamu yang masih aktif dan pilih kirim OTP Jika sudah mendapatkan kode OTP via SMS, masukkan kode OTP dan klik “Verifikasi”
  10. Isi pernyataan pendaftar sesuai kondisi kamu.
  11. Ikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) atau Soal Kemampuan Belajar (SKB), setelah selesai lanjut ke Dashboard.
  12. Akun Kartu Berhasil telah berhasil didaftarkan Jika proses berhasi, peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan di platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, termasuk SIAPkerja.

Jadi, itulah penjelasan singkat tentang program kartu prakerja dan bagaimana langkah mendaftarkan diri para program tersebut.

Untuk mengetahui dan mengecek apakah lolos atau tidak, kalian bisa langsung mengecek email yang terdaftar di kartu prakerja atau dashboard kartu prakerja di laman prakerja.go.id.

Apabila dinyatakan “lolos”, kalian nantinya akan diminta untuk memasukkan data nomor rekening atau e-wallet untuk pemberian insentif setelah menyelesaikan pelatihan.

Dengan diadakannya program kartu prakerja, diharapkan para calon pekerja dan para pekerja dapat meningkatkan keahlian atau skill untuk bersaing di dunia kerja.