Berita Terkini

Pengertian Akuntansi: Manfaat, Tujuan dan Fungsinya

Anda pasti sudah sering mendengar istilah akuntansi, bukan? Meski sangat umum, jika ditanya mengenai pengertian akuntansi itu sendiri ternyata masih banyak orang yang bingung...

Syarat dan Cara Lapor SPT Tahunan Offline Maupun Online

Semua memiliki aturan, termasuk dalam urusan perpajakan misalnya syarat lapor SPT tahunan. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan sebelum melaporkan pajak tahunan. Di mana...

PPH Pasal 21: Pengertian, Dasar Hukum, dan Contoh Perhitungan

Setiap orang yang menerima gaji, honorarium, tunjangan, upah, pembayaran dan lain sebagainya wajib dipotong pajak. Pemotongan pajak tersebut biasanya dilakukan oleh pemberi imbalan. Pajak...

Pentingnya Pembukuan Keuangan Pada Perusahaan

Pembukuan keuangan perusahaan ini biasanya digunakan oleh para pebisnis muda yang sering akan lupa untuk kebutuhan. Pembukuan keuangan ini biasanya mereka lebih difokuskan untuk...

Hasil Seleksi UMPTKIN 2024: Berikut Cara Cek dan Berkas Pendaftaran Ulang yang Harus Disiapkan

Hari ini, Senin, 8 Juli 2024, hasil seleksi UMPTKIN 2024 atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri 2024 diumumkan. Para peserta dapat mengakses...
HomeNewsWarga Sumatera Keluhkan Listrik Padam Seharian, Ini Penjelasan PLN tentang Penyebabnya

Warga Sumatera Keluhkan Listrik Padam Seharian, Ini Penjelasan PLN tentang Penyebabnya

Telah terjadi listrik padam di sejumlah wilayah Sumatera sejak Selasa (4/6) hingga hari ini, Rabu (5/6). Kejadian tersebut terjadi secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan sebelumnya dari pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang ada di Sumatera.

Akibat dari masalah kelistrikan tersebut berdampak pada aktivitas masyarakat Sumatera menjadi terganggu seperti mandi, memasak, bekerja, dan kegiatan lainnya.

Selain itu, warga juga keluhkan akibat padamnya listrik secara tiba-tiba menyebabkan rusaknya beberapa alat elektronik warga seperti TV, AC, Kulkas, dan beberapa alat rumah tangga elektronik lainnya.

Wilayah Sumatera yang terdampak pemadaman listrik di antaranya Provinsi Riau, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung, Medan, dan Jambi.

Manajer Komunikasi Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (S2JB) PLN Iwan Arissetyadhi menyampaikan, pemadaman listrik yang terjadi di wilayah Sumatera disebabkan karena adanya gangguan pada gardu induk transmisi di saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 275kV di Linggau-Lahat.

“Sistem transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat yang terganggu ini merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera,” kata Iwan, Selasa (4/6).

Sistem transmisi tersebut merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera, sehingga gangguan listrik tersebut menjalar secara bergantian di beberapa wilayah Sumatera.

PLN pun mengerahkan personelnya untuk lakukan penelusuran di lapangan dan mencari tahu penyebab gangguan serta berupaya untuk memulihkan sistem kelistrikan.

Hal tersebut juga disampaikan dalam akun resmi Instagram @pln.bengkulu yang menyatakan, “Pelanggan PLN yang terhormat, PT PLN (Persero) tengah bergerak cepat mengatasi gangguan pada sejumlah jaringan transmisi di Pulau Sumatera. Ratusan personel PLN telah diterjunkan ke lapangan guna menelusuri penyebab gangguan agar segera memulihkan kembali sistem kelistrikan yang terdampak,” tulis PLN UID S2JB.

Iwan lanjut menyampaikan, saat ini sudah ada beberapa wilayah yang kembali normal, namun sebagian lainnya masih dalam perbaikan.

Manajer Komunikasi dan TJSL PLN Unit Distribusi Sumatera Barat Yenti Elfina juga menyampaikan, padamnya jaringan transmisi dengan beban tinggi dapat menyebabkan pembangkit listrik ikut padam secara otomatis dan diperlukan waktu untuk pemulihan kelistrikan.

Di samping itu, warga Sumatera juga mengeluhkan hal ini di media sosial. Mereka menuntut agar pemerintah pusat dapat mengatasi pemadaman listrik yang berkepanjangan ini di Sumatera.

Tak hanya itu, beberapa di antara warga Sumatera pengguna sosial media juga membandingkan bagaimana respons pemerintah pusat dalam mengatasi masalah di Pulau Jawa dengan di luar Pulau Jawa.

“Jawa Bali anak kesayangan, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi anak tiri, apalagi kami di Maluku, Papua udah pasti anak pungut.” komentar sebuah akun @Artmaannn.

Akibat dari pemadaman listrik yang terjadi, juga memberi dampak kerugian pada sejumlah usaha budidaya ikan dan udang vaname. Jumlah kerugian ditaksir mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Seorang penambak udang vaname dari Banda Aceh, Zulfahdli (47) menyebutkan, dampak ekonomi yang dirasakan akibat pemadaman listrik yaitu harus membeli dexlite sebagai bahan bakar untuk operasional tambak.

Di Sumatera Barat, PLN setempat memberikan kompensasi kepada pelanggan PLN yang terdampak pemadaman listrik akan mendapat potongan biaya pembayaran listrik sebesar 10 persen.

Hal ini disampaikan oleh GM PLN Induk Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho yang menyampaikan, pemadaman listrik yang terjadi merupakan gangguan teknis akibat kesalahan sistem, bukan kesalahan pelanggan.

Berikut adalah daftar lokasi pemadaman listrik di wilayah Sumatera pada hari ini:

1. UIW Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu

  • UP3 Lubuk Linggau, ULP Muara Beliti
  • UP3 Bengkulu, ULP Nusa Indah
  • UP3 Lubuk Linggau, ULP Tebing Tinggi
  • UP3 Lahat, ULP Muara Enim

    2. UIW Riau dan Kepulauan Riau

    • UP3 Bangkinang, ULP Bangkinang
    • UP3 Pekanbaru, ULP Pangkalan kerinci
    • UP3 Pekanbaru, ULP Siak Sri Indrapura
    • UP3 Pekanbaru, ULP Pekanbaru Kota Timur
    • UP3 Pekanbaru, ULP Pekanbaru Kota Barat
    • UP3 Pekanbaru, ULP Simpang Tiga
    • UP3 Rengat, ULP Taluk Kuantan

    Pelanggan PLN yang berada di wilayah terdampak hingga kini akan masih menghadapi kendala pemadaman listrik. Pemadaman tersebut dilakukan secara bergilir dan terpantau sudah tidak lagi dilakukan secara total.