NU Circle Ajak Stakeholder Tata Ulang Ketahanan Kesehatan Indonesia

Ketua Forum Kesehatan Nusantara Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG./Foto: Acuantoday.com (Ahmadi Supriyanto)

Acuantoday.com, Jakarta–Kesehatan ibu dan bayi masih menjadi target dalam Sustainable Development Goals (SDGs). 

Meskipun banyak upaya yang telah dilakukan pemerintah, Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) belum turun secara signifikan, dan distribusi angkanya juga tidak merata antardaerah di Indonesia. 

AKI merupakan salah satu indikator dalam menentukan derajat kesehatan ibu, yang dijadikan prioritas utama dalam target SDGs.

Pasalnya, 280 hari pertama dari 1000 hari kehidupan seorang bayi tergantung pada ibunya. Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan indikator yang digunakan untuk melihat status kesehatan anak, dan kondisi ekonomi penduduk secara keseluruhan. 

Demikian salah satu pokok-pokok penting dalam Forum Kesehatan Nusantara 2020 yang diselenggarakan oleh NU Circle, belum lama ini.

Isu penting lainnya yang menjadi penekanan adalah angka kematian ibu di Indonesia tertinggi dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya dan ini masih merupakan masalah utama di Indonesia. 

Indonesia secara umum terjadi penurunan kematian ibu selama periode 1991-2015 dari 390 menjadi 305 per 100.000 kelahiran hidup. 

Meskipun terjadi kecenderungan penurunan angka kematian ibu, namun tidak berhasil mencapai target SDGs dimana  masih jauh dari target tujuan pembangunan berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (SDGs), yakni 70 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2030.

Masalah ibu yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan, tidak dapat dilepaskan dari berbagai faktor yang memengaruhinya, antara lain status kesehatan ibu dan kesiapan untuk hamil, pemeriksaan antenatal (masa kehamilan), pertolongan persalinan dan perawatan segera setelah persalinan, serta faktor sosial budaya. 

Jika ditinjau dari pelayanan kesehatan, dapat disebabkan fasilitas dan infrastruktur yang tidak memadai, jumlah SDM yang terbatas atau belum memiliki kompetensi yang baik.

NEXT PAGE

Comments

comments