Nurhadi Cuma Divonis 6 Tahun, Jaksa KPK Bakal Ajukan Banding

Acuantoday.com, Jakarta—Menanggapi eks Sekretaris Mahkamah Agung, Nurhadi yang hanya dihukum 6 tahun penjara dan denda Rp500 juta, Jaksa KPK menyatakan bakal mengajukan banding.

“Atas putusan yang disampaikan majelis hakim, kami menyatakan banding,” kata Jaksa KPK Wawan Yunarwanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3).

Langkah banding tersebut, ucap Wawan, karena KPK menilai hukuman yang pantas bagi Nurhadi seharusnya 11 tahun penjara dan denda Rp1 miliar dengan subsider 6 bulan kurungan.

Selain kecewa dengan rendahnya vonis, jelas Wawan, pihaknya juga menilai majelis hakim terlalu banyak mengurangi jumlah suap dan gratifikasi yang diterima Nurhadi.

“Didakwan pertama kita Rp45 miliar, yang terbukti Rp35 miliar. Kemudian dakwaan kedua juga tidak dikabulkan semua, hanya sekitar Rp13 miliar. Itu salah satu pertimbangan kita ajukan banding,” ujarnya.

Selain itu, papar Wawan, KPK juga menyayangkan hakim yang sama sekali tidak mengabulkan soal hukuman uang pengganti terhadap Nurhadi.

“Mengenai uang pengganti, di dalam tuntutan, kita bebankan terdakwa agar bayar uang pengganti Rp83 miliar. Namun, dalam putusan hakim sama sekali tak mengabulkannya,” pungkasnya. (mmu)

Comments

comments