Olah Sampah, Kota Bandung Bakal Adopsi Teknologi yang Dipakai Pemkab Banyumas

Wali Kota Bandung Oded M Danial

Acuantoday.com, Bandung – Di tengah bayang-bayang infeksi Covid-19 yang belum berakhir, Kota Bandung kini dihadapkan dengan persoalan timbunan sampah.

Mempercepat upaya penanganan sampah, Kota Bandung akan melakukan langkah pengolahan dengan teknologi pyrolisis seperti yang digunakan Pemkab Banyumas.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebut teknologi pyrolisis ini digunakan pada tahap akhir pengolahan sampah dengan cara membakar residu hasil pemilahan sampah.

“Sisa sampah itu dibakar dalam suhu tinggi mencapai 950 derajat celsius. Pengolahan Sampah di Banyumas itu cukup bagus dan komprehensif,” ujar Oded, Minggu (28/2).

Kabupaten Banyumas, kata Oded, punya masalah serupa Kota Bandung terkait TPA (Tempat Pembuangan Akhir) karena tahun ini tahun terakhir menggunakan TPA.

Pemerintah Kabupaten Banyumas, lanjut Oded, membuat hanggar-hanggar besar sebagai pusat pengolahan sampah dengan memberdayakan masyarakat setempat.

“Bandung punya beberapa (lahan) bekas TPA atau TPS yang besar. Nanti dikonsep pengelolaan sampah terpadu yang akhiri dengan teknologi pyrolisis,” ujar Oded. (dila)

Comments

comments