Omah Budaya Beri Ruang Edukasi Seniman

Omah Budaya.(Foto: Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Ratusan seniman dan seniwati yang tergabung dalam komunitas Mbangun Karso mendapat bantuan paket sembako dari Perum Perhutani.

Penyerahan bantuan sembako ini dilaksanakan pada acara syukuran pembukaan Omah Budaya di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Kampung Babagan, Kelurahan Binong, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu malam.

Anggota Komisi VI DPR RI dari Dapil Banten III sekaligus Pendiri Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Ananta Wahana berharap, pemberian paket sembako ini dapat meringankan beban para seniman yang terdampak Covid-19..

“Hari ini kita gelar syukuran tahap pertama Rumah atau Omah Budaya Karang Tumaritis. Hari ini juga para seniman diberikan bantuan paket sembako, yaitu kerjasama dengan Perum Perhutani wilayah Bogor,” kata Ananta lewat keterangan tertulis, Senin (2/11).

Ananta menjelaskan, dengan dibukanya Rumah atau Omah Budaya di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis diharapkan bisa memberikan ruang edukasi kepada para seniman untuk tetap berkreasi dan bisa mendapatkan penghasilan meskipun di tengah Covid-19.

Di tengah pandemi ini, lanjut penulis buku “Melawan Korupsi di Banten”, seniman harus mulai memanfaatkan teknologi, seperti streaming dan lain sebagainya.

“Di Rumah atau Omah Budaya ini, kami siap menampung serta membantu masyarakat, termasuk para pelaku seni untuk memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi,” ucapnya.

Lina, salah seorang seniwati campursari yang ikut dapat paket sembako mengaku, pandemi COVID-19 sangat berdampak terhadap komunitas seni yang dilakoni.

Untuk itu, Lina berharap dengan adanya Rumah atau Omah Budaya di Padepokan Karang Tumaritis tersebut, tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berlatih bagi para seniman saja, tapi juga memberikan ruang kepada mereka untuk bisa beredukasi, sehingga bisa mendapatkan hal-hal yang baru agar dapat berkarya dan mendapatkan penghasilan. (rht)

Comments

comments