Opor Ayam yang Lezat Ternyata Ada Trik-nya

Opor ayam--sumber foto wikipedia

Acuantoday.com— Opor ayam? Membayangkannya saja sudah membuat perut keroncongan. Karena kita semua tahu bahwa masakan khas Indonesia yang sarat santan ini sangatlah enak. Tapi tahukah kamu bahwa untuk menjadikan opor  ayam sebagai makanan yang lezat ada triknya.

Dan ini, ternyata, juga  berlaku untuk masakan-masakan mengandung santan lainnya. Sebagimana kita tahu banyak makanan Nusantara, selain opor ayam, yang menggunakan santan sebagai salah satu pelezat makanan.

Rendang—sumber foto wikipedia

Di antaranya; Rendang yang sempat masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Selain daging sapi, ayam hingga sayuran seperti jengkol juga bisa dimasak rendang;  Garang asem merupakan hidangan ayam yang dibumbui santan, lalu dibalut daun pisang. Paling sering ditemui di kawasan Jawa Tengah dan Lodeh terdiri dari terung, kacang panjang, hingga labu jipang yang direbus bersama santan.

Untuk masakan yang menggunakan santan, pakar boga Sisca Soewitomo sebagaimana dikutip Antara, menyarankan, tidak menambahkan santan sejak awal. Tapi menunggu hingga masakan sudah matang. Dia mencontohkan penggunaan santan pada masakan opor ayam.

“Pakai air biasa, masak hingga matang. Simpan dulu. Saat mau disajikan, baru tambahkan santan, makan dengan lontong atau nasi,” kata Sisca dalam webinar, Kamis.

Ini juga berlaku bila Anda memasak dalam jumlah banyak tapi tidak untuk disantap sekaligus, melainkan dibagi dalam porsi lebih kecil. Trik ini bisa dipakai bila Anda enggan pusing menyiapkan menu dalam beberapa hari mendatang.

Sayur lodeh–sumber foto wikipedia

Dalam acara yang sama, chef Devina Hermawan mengatakan tips menambahkan di akhir berguna bila Anda tak mau tekstur santan jadi “pecah”.
Santan mengandung kandungan lemak nabati yang tinggi, tekstur akan “pecah” bila dimasak dalam suhu terlalu tinggi dan dalam waktu lama.
“Oleh karena itu, tunggu dulu sampai matang, baru masukkan santan.”

Santan juga sensitif terhadap asam. Jadi, sarannya, bila Anda ingin mengucurkan beberapa tetes jeruk nipis di hidangan bersantan agar lebih segar, sebaiknya tambahkan saat akan disantap.

Devina menuturkan, santan tak cuma berfungsi membuat rasa semakin nikmat, tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan yang penting untuk makanan penutup vegetarian. “Santan bisa jadi pengganti whipped cream, kocok dengan mixer sampai kaku,” ujarnya.***cit

Comments

comments