OTT Bansos COVID, Ketua KPK: Jangan Manfaatkan Situasi untuk Korupsi

Acuantoday.com, Jakarta- Pemerintah terus menggelontorkan berbagai program bantuan sosial (bansos) untuk menopang perekonomian masyarakat. Tujuannya membantu masyarakat paling rentan agar dapat bertahan di masa sulit akibat terdampak pandemi COVID-19.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengingatkan kepada semua pihak untuk tidak melakukan korupsi apalagi di masa pandemi COVID-19.

“Kami berharap apa yang kami lakukan hari ini menjadi peringatan agar tidak ada lagi pihak-pihak yang memanfaatkan situasi untuk korupsi,” tegas Firli Bahuri di Gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12).

Perwira tinggi (Pati) Polri aktif ini mengatakan lembaga antikorupsi yang dipimpinnya selalu mengingatkan kepada para pihak dan pemangku kepentingan untuk tidak melakukan korupsi dengan menfaatkan situ di masa pandemi.

“Namun, jika masih ada pihak-pihak yang mencari celah dengan memanfaatkan situasi dan kesempatan untuk keuntungan pribadi dan kelompoknya, KPK melalui upaya penindakan akan menindak dengan tegas,” kata Firli.

Hingga November 2020, pemerintah telah menggelontorkan lebih dari Rp695 Triliun untuk penanganan COVID-19 termasuk di antaranya untuk program bantuan sosial. Ke depan pada APBN 2021, Kementerian Keuangan telah menganggarkan pananganan COVID-19 sebesar Rp408,8 triliun.

Besarnya uang yang dialokasi pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin ini semata untuk kepentingan masyarakat luas.

Untuk itu, menegaskan KPK mengajak segenap pihak untuk bersama-sama mengatasi pandemi dengan mengedepankan kerja-kerja yang menerapkan prinsip good governance demi kesejahteraan masyarakat.(har)

 

Comments

comments