Pad Thai, Street Food Terkenal di Thailand, Ini Resepnya!

Pad Thai kreasi Chef Vindex Tengker--foto instagram chefvindex

Acuantoday.com— Satu lagi kuliner Thailand yang digemari banyak orang, Pad Thai. Kuliner yang banyak dijumpai di kakilima Thailand ini, sebenarnya adalah masakan yang sederhana dan biasa kita jumpai di sini. Bahan-bahannya pun mudah didapat.

Nah, kalau Anda berniat mencoba sendiri di rumah, bisa ikuti resep Chef Vindex Tangker yang diposting di instagramnya. Si Chef yang baik hati ini bahkan melakukan demo masak Pad Thai.

Ayo kita coba membuat.

Bahan-bahan:

200 g mie Pad Thai, rendam dulu di air panas bentar aja, liat petunjuk pada kemasan
6 ekor udang ukuran 20 – 30
2 telur, kocok
2 sg bawang putih, cincang
4 btr bawang merah, iris halus
1 bh cabe merah besar, iris
1 tangkai daun bawang, iris
2 sdm ebi, sangrai, haluskan
2 sdm fish sauce
3 sdm gula merah, iris
4 sdm asam
Minyak untuk menumis secukupnya

Peneman:
Tahu goreng potong dadu
Cabe bubuk / bon cabe, secukupnya
Kadang tanah goreng, cincang kasar
1 potong jeruk nipis
Daun ketumbar secukupnya
Daun kucai secukupnya

Chef Vindex Tengker

Cara Membuat:

Telur yang sudah dikocok kita buat seperti telur dadar, setelah hampir matang, kita orak-arik kasar.

Setelah itu kita tumis bawang merah, bawang putih, setelah setengah matang . masukkan ebi, cabe merah besar. Setelah itu, mie yang sudah direndam air panas (sudah didinginkan) campur ke dalam tumisan Air asam, gula merah, cabe bubuk, pabrika bubuk,  kemudian masukkan telur dadar orek itu. Campur semua.

Kasih garam, gula putih sedikit. Ini akan menjadi masakan kombinasi  antara asam dan pedas.Taburi Tahu yang dipotong dadu kecil-kecil, daun bawang, aduk lagi. Kasih air sedikit.

Tambahkan saos sambal jika  kurang pedas.

Kemudian, kita menyiapkan udangnya. Terkait udang, ini sesuai selera. Jadi Anda dapat memasukkan udang yang besar-besar itu kedalam masakan, atau menjadikan udang itu untuk hiasan mie.

Chef Vindex memilih udang besar-besar dijadikan hiasan makanan lantaran di dalam masakan mie itu sendiri sudah dicampur ebi (udang kecil-kecil). Kepala udang tetap dibiarkan (tidak dibuang) karena, kata Chef Vindex, kepala udang untuk mendapatkan ‘flavor’-nya.

Beri garam pada udang yang sudah dicuci bersih, kemudian beri fish saos, setelah itu goreng. Tambahkan cabe bubuk sedikit juga mentega. Nah setelah udang matang, angkat dan tata di atas masakan mie.

Setelah selesai taburi kacang sesuai selera, bisa kacang tanah, kacang panggang ataupun kacang mede. Taburi masakan dengan tahu dadu kecil-kecil, juga kasih sedikit paprika powder. Untuk memperindah, Anda dapat menaruh daun kucai di tengah masakan. Selamat mencoba! ***dian

 

Comments

comments