Pandemi COVID Tak Halangi Blusukan, Ini Cara Kreatif Kampanye Gibran

Calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melakukan blusukan online menyapa warga melalui "live streaming facebook" pada masa kampanye Pilkada 2020 saat ini, di Kampung Dawung Kecamatan Serengan Solo, Minggu sore (27/9)./Foto: Antara

Acuantodsay.com, Solo- Pandemi COVID-19 memaksa pasangan calon kepala daerah (cakada) berpikir kreatif dan inovatif menciptakan hal baru.

Calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menerapkan prinsip tersebut. Keinginannya blusukan untuk mengetahui keseharian rakyat yang akan dipimpinya tetap dilakukan meski pandemi COVID menghalangi.

Gibran melakukan blusukan online menyapa warga melalui “live streaming facebook” pada masa kampanye Pilkada 2020 saat ini, di Kampung Dawung Kecamatan Serengan Solo, Minggu sore (27/9).

Cara kreatif putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut dilakukan agar tetap dapat menyampaikan visi dan misi di masa kampanye, tanpa melanggar Peraturan KPU dan disemprit Bawaslu.

Gibran melalui media daring tampak menyapa warga di Kampung Dawung Serengan Solo, dan mencatat beberapa keluhan atau aspirasi masyarakat, serta memberi masukan-masukan saat berdialog dari satu rumah ke rumah lainnya.

Menurut Gibran Rakabuming Raka kegiatan blusukan online tersebut sama dengan yang dilakukan sebelumnya. Melalui blusukan online tersebut interaksi dengan warga bisa berjalan dengan baik, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Saya catat keluhan-keluhan warga, dan di lokasi ada tim saya yang mencatat kemudian biasanya kami foto e-KTP warga yang menyalurkan keluhan, kemudian saya tindaklanjuti,” kata Gibran.

Gibran mengatakan dirinya akan menambah alat “virtual box campaign”, sehingga dalam satu hari bisa menyapa warga di beberapa lokasi dalam kegiatan blusukan online tersbeut.

“Kegiatan ini, kami adaptasi duhulu, rencana alatnya mau ditambah, biar bisa dipakai Pak Teguh juga (calon Wakil Wali Kota Surakarta),” kata Gibran.

Menurut Gibran yang jelas komitmennya untuk tidak melanggar aturan dari KPU Kota Surakarta, yang melarang pengumpulan massa dan membatasi maksimal hanya 50 orang dengan protokol kesehatan.

Gibran berharap selama masa kampanye di tengah pandemi COVID-19, warga Solo tetap sehat.

Selain itu, Gibran juga berharap semoga silaturahmi dengan warga tetap terjaga, sehat, tidak berkerumun, dan menaati protokol kesehatan.

“Saya selalu menaati protokol kesehatan, saya dengan dengan Pak Teguh selalu menaati protokol kesehatan blusukan online yang kami dorong untuk mengurangi pengumpulan massa,” kata Gibran.

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, dengan nomor urut 1 maju sebagai kontestan Pilkada Surakarta 2020 diusung oleh PDI Perjuangan dan sejumlah partai. Sedangkan, kontestan lainnya paslon Bagyo Wahyono dan F.X. Supardjo (Bajo), nomor urut 2 yang maju melalui jalur perseorangan.(ian)

Comments

comments