Pangdam III/Siliwangi Instruksikan Tiap Dansektor Awasi Ketat Sungai Citarum

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. (Foto : dila/Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Bandung- Penuntasan masalah Sungai Citarum dari pencemaran bukan hanya pekerjaannya pemerintah saja tapi semua elemen masyarakat yang ada disekitar pun memiliki peran sama.

Hal itu dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat berkunjung ke Sektor 7 Satgas Citarum Harum di Taman Sangkuriang Kecamatan Baleendah, Bandung, Sabtu (23/1).

Mayjen TNI Nugroho mengajak kepada seluruh warga Jawa Barat, khususnya yang berada di bantaran sungai Citarum aktif menjaga kebersihan lingkungan agar Citarum menjadi harum seperti dahulu.

“Dahulu sungai Citarum adalah urat nadi warga Jawa Barat. Beberapa tahun lalu kita sangat tercengang ada pemberitaan dari media massa Citarum menjadi sungai yang terkotor di dunia,” kata Pangdam.

Oleh sebab itu, lanjut dia, Pemerintah mengeluarkan Perpres No. 15 tahun 2018 yang tujuannya untuk mengembalikan Citarum  kembali seperti dulu menjadi urat nadi bagi warga Jabar dan menjadi bersih.

“Disepanjang sungai Citarum banyak pabrik-pabrik. Pabrik yang mempunyai limbah sesuai aturan pemerintah harus punyai IPAL yang baik. Para Dansektor awasi ketat sungai Citarum,” bebernya.

Pangdam III/Siliwangi berharap para Dansektor Citarum mengontrol pabrik-pabrik itu sehingga tidak membuang limbahnya sembarangan karena bisa mencemari sungai Citarum agar harum.

Pangdam III/Siliwangi dan rombongan juga melakukan tabur benih ikan di sungai Citarum, lalu berpatroli susuri sungai Citarum dan melaksanakan penanaman pohon di Subsektor Bojongmalaka.(dila)

Comments

comments