Anak Buah Ditembak Mati, Pangdam Jaya Perintahkan Jajaran Kawal Proses Hukum Pelaku

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memberikan keterangan kepada wartawan seputar kesiapan TNI-Polri mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di Markas Yonif 201 Jaya Yudha, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (16/12/2020). (ANTARA/Andi Firdaus)

Acuantoday.com, Jakarta―Anak buah ditembak mati, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman memerintahkan Komandan Polisi Militer Kodam (Danpomdam) Jaya untuk mengawal proses hukum dengan tersangka anggota polisi Bripka CS.

Penyidikan terhadap Brigadir CS, kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya Letkol Arh Herwin BS dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/3), sudah mulai tanggal 25 Februari 2021.

Penyidikan itu tentang tindak pidana dengan sengaja menghilangkan nyawa orang lain dan atau penganiayaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 338 KUHP dan atau Pasal 351 KUHP dari hari Senin 1 Maret sampai dengan Rabu 3 Maret 2021.

Letkol Arh Herwin menjelaskan, Satuan Kodam Jaya dan Kostrad juga ikut mengawal secara langsung agar pelaku pembunuhan atas prajurit TNI dihukum sesuai hukum yang berlaku.

“Satuan Kodam Jaya dan Kostrad juga ikut serta mendampingi Puslabfor Bareskrim Polri untuk melakukan pengambilan sampel darah di TKP RM Cafe Cengkareng, dengan hasil Puslabfor telah menemukan dua buah proyektil di TKP,” ujarnya.

Sedangkan dari sisi etika profesi, ucap Letkol Arh Herwin, Paminal Propam Polda Metro Jaya (PMJ) sudah selesai memeriksa dan siap menjatuhkan sanksi profesi atas Brigadir CS.

“Selanjutnya Subdipaminal PMJ telah selesai melaksanakan penyelidikan kode etik ke Waprov (pertanggung jawaban profesi) sebagai bahan dalam sidang kode etik di Polda Metro Jaya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Brigadir CS adalah polisi yang marah karena ditagih Rp3,3 juta oleh pelayan RM Cafe, Cengkareng, pada Kamis (25/2/2021) lalu.

Dalam kondisi mabuk, Brigadir CS ngamuk dan melepas tembakan sehingga menewaskan 3 orang, satunya Pratu MRK Sinurat seorang prajurit Kawal Denma Kostrad. (mmu)

Comments

comments