Panglima TNI Agendakan Pertemuan dengan Tokoh Papua di Timika Sabtu Ini

Apel gabungan aparat TNI dan Polri di Hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika dalam rangka pengamanan kunjungan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Timika, Sabtu (28/11/2020)./Foto: Antara

Acuantoday.com, Timika–Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan menemui sejumlah tokoh masyarakat Papua di Timika, Sabtu (28/11) siang ini.

Tidak dijelaskan agenda khusus dalam pertemuan itu.

Namun, yang jelas, Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo di Timika, Sabtu mengatakan, pertemuan antara Panglima TNI dengan para tokoh masyarakat Papua yang berlangsung di Hotel Rimba Papua Timika itu tidak berlangsung lama.

Alasannya, Panglima TNI bersama rombongan akan melanjutkan kunjungan kerja ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Ikut bersama rombongan Panglima TNI diantaranya Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto.

“Bapak Panglima akan menggelar pertemuan dengan beberapa tokoh masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya nanti, tidak begitu lama karena beliau masih ada agenda penting lainnya,” jelas Brigjen Suswatyo.

Sehubungan dengan kunjungan Panglima TNI di Timika, sejak Sabtu pagi aparat keamanan gabungan TNI dan Polri telah disiagakan di beberapa titik di Kota Timika, mulai dari Bandara Mozes Kilangin hingga Hotel Rimba Papua.

Pada Sabtu pagi juga digelar apel pengamanan kunjungan Panglima TNI bertempat di Hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika sisi utara.

“Pasukan sudah ditempatkan di beberapa titik, mulai dari bandara, rute perjalanan ke Hotel Rimba Papua sampai di Hotel Rimba Papua sendiri. Semoga semuanya bisa berjalan lancar dan aman,” kata Brigjen Suswatyo.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan bantuan 59 ekor ternak babi untuk pelaksanaan “bakar batu” masyarakat Papua di beberapa kabupaten.

Ternak babi bantuan Panglima TNI itu diangkut dengan pesawat Hercules TNI AU dari Ambon, Maluku dan tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika pada Kamis (26/11).

Ternak babi bantuan dari Panglima TNI itu langsung didistribusikan ke beberapa daerah seperti Wamena, Sugapa, Ilaga, Puncak, dan Mimika. (mad)

Comments

comments