Pantau Banjir dari Helikopter, Basuki Sebut Banyak Tanggul Jebol Dihantam Air Jatiluhur

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono./Foto: Acuantoday.com (tangkapan layar video whatsapp)

Acuantoday.com, Kerawang―Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut banyak tanggung jebol diterjang derasnya aliran air yang berasal dari aliran bendungan Jatiluhur.

”Saya lihat dari helikopter tadi, ada beberapa tanggul-tanggul yang jebol, bukan hanya tanggul sungai tapi juga irigasi. Muka airnya sudah rata semua. Saya kira ini ada di hilirnya bendungan Jatiluhur,” kata Basuki dalam keterangannya, Senin (22/2).

Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum itu menjelaskan, karena derasnya curah hujan dan ditambah aliran air dari bendungan Jatiluhur, sungai Citarum dan anak sungainya mengalami limpahan debit yang tinggi sehingga meluber jadi banjir di Karawang dan Bekasi.

”Ada anak sungai Citarum, namanya sungai Cibeet. Derasnya mencapai 900 meter kubik perdetik. Jadi walaupun dari Jatiluhur dikurangi, tetap deras alirannya,” ujarnya.

Peraih Doktor Teknik Sipil dari Colorado State University Amerika Serikat itu menerangkan, pihaknya sedang mengerahkan alat-alat dari Balai Besar Citarum untuk mulai memperbaiki tanggul dan irigasi yang rusak diterjang derasnya air.

”Ini juga sedang bergerak peralatan dari Balai Besar Citarum, itu kalau kita lihat tenda-tenda biru, itu sudah mulai bekerja sebenarnya,” pungkasnya. (mmu)

Comments

comments