Pantau Pasar di Awal Ramadan, Stok dan Harga Sembako di Bandung Aman

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat diwawancarai insan pers

Acuantoday.com, Bandung – Jajaran Pemkot Bandung langsung memantau harga dan stok sembako di pasar pada awal Ramadan 1442 Hijriah atau Selasa 13 April 2021.

Saat diwawancarai wartawan, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan stok kebutuhan pokok di Kota Bandung hasil pemantauan tim relatif masih aman.”Di awal puasa ada beberapa komoditas yang siklus kebiasaannya naik, seperti ayam, daging dan telor. Tapi masih wajar naiknya,” ungkap Yana di Pasar Kosambi Bandung.

Terkait harga minyak goreng yang mulai bergerak, Yana Mulyana mengungkapkan, pemerintah akan segera mengintervensi untuk menurunkan harganya agar stabil. “Karena itu kewenangannya pemerintah pusat, kemungkinan minggu ini pasokannya akan diperbanyak. Mudah-mudahan saja harganya menjadi turun,” kata Yana Mulyana.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah menyebut hasil pendataan per Selasa 13 April 2021 stok kebutuhan pokok dalam kondisi tersedia.”Semua kondisi aman tersedia, tapi harga ada beberapa yang mengalami kenaikan. Ini memang fenomena ‘munggahan’ atau menjelang Ramadan,” ungkap Elly Wasliah.

Sejumlah komoditas sembako di Kota Bandung yang mengalami kenaikan di antaranya, tambah dia, daging sapi dari Rp12.000 per kilogram menjadi Rp130.000.”Lalu, minyak curah dari Rp12.500 menjadi Rp13.000 per liter. Namun cabai rawit turun dari Rp120.000 menjadi Rp80.000 per kilogram,” terang Elly Wasliah. (dila)

Comments

comments