Para Penggemar Korea, Ayo Bikin ‘Green Onion Kimchi’ Sendiri

Green Onion Kimchi kreasi Chef Seonkyoung Longest---- sumber foto seonkyounglongest.com

Acuantoday.com— Nah mereka yang gemar segala hal tentang Korea, baik itu budayanya, drakornya, hingga kulinernya, kali ini ada kabar baik. Chef Seonkyoung Longest membagikan resep kuliner khas Korea, ‘Green Onion Kimchi’. Tentu para pencinta Korea tak asing dengan menu ‘Kimchi’ yang kerap hadir di drakor-drakor.  Makanan tradisional Korea ini memang salah satu yang popular di dunia.

Nah. Dari pada hanya sekadar lihat di drakor, lebih baik mencoba bikin sendiri dengan resep Seonkyoung Longest yang asli asal Korea Selatan. Resep ini juga dipublikasi Seonkyoung Longest di web resminya, seonkyounglongest.com. Jika penasaran, bisa berkunjung ke alamat itu, ada banyak resep masakan di sana.

Chef Seonkyoung Longest— foto seonkyounglongest.com

Seonkyoung yang kini bermukim di AS bercerita, Kimchi Daun Bawang ini merupakan makanan tradisional Korea. “Kami memanggil Pa Kimchi. “Pa” berarti daun bawang dalam bahasa Korea. Ini adalah lauk yang sempurna untuk disajikan dengan hidangan utama Korea, BBQ atau hanya dengan nasi atau mie ramen yang baru dikukus,” tulis Seonkyoung di laman web-nya.

Berikut resepnya:

BAHAN

1 1/2 pon daun bawang

15 siung bawang putih

1 ons jahe

6 sdm kecap ikan

2 sdm maesilaek, sirup plum hijau Korea atau selai aprikot

1 sdm gula pasir

3 sdm nasi putih matang

2/3 cangkir gochugaru, serpihan cabai merah Korea

1 sdt biji wijen, opsional

Chef Seonkyoung Longest sedang mengolah Green Onion Kimchi—sumber foto seonkyounglongest.com

CARA MEMBUAT:

Siapkan daun bawang, cuci bersih dengan air dingin mengalir, buang akar dan bagian kuning di ujung daun bawang.

Dalam blender, campurkan bawang putih, jahe, kecap ikan, maesilaek, gula, dan nasi putih. Aduk rata sampai halus dan pindahkan ke mangkuk besar. Tambahkan gochugaru dan aduk rata sampai menjadi pasta.

Lapisi dan gosok daun bawang yang sudah disiapkan dengan lembut dengan pasta Kimchi. Kumpulkan 2 sampai 3 bawang hijau bersama-sama dan hati-hati tetapi dengan tekanan yang cukup buat simpul. Ulangi dengan sisa daun bawang. Taburkan biji wijen jika suka.

Tempatkan di wadah kedap udara dan tekan agar tidak ada udara di antara daun bawang. Tutup dengan penutup rapat dan biarkan berfermentasi di meja dapur Anda selama 24 hingga 72 jam (1 hingga 3 hari) tergantung pada seberapa banyak fermentasi yang Anda inginkan untuk kimchi Anda.

“Saya biasanya menyimpan selama 3 hari karena saya suka Kimchi asam. Nikmati dengan nasi hangat atau pasangkan dengan hidangan utama Korea atau BBQ!” ujarnya. *** dian

 

 

 

Comments

comments