Partisipasi Pemilih Pilkada di Jateng Naik, Ganjar Pranowo Bilang Begini

Salah seorang warga Demak, Jawa Tengah, menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 2020

Acuantoday.com, Semarang–  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, terkejut mengetahui  partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak di wilayah yang dipimpinnya meningkat.

Sebanyak  21 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah menggelar Pilkada Serentak pada  9 Desember lalu. Data menunjukkan tingkat partisipasi pemilih sebesar 74,34 persen, lebih tinggi dibanding pada Pilkada Setentak sebelumnya (2015), sebesar 68,54 persen.

“Alhamdulillah Pilkada berjalan lancar. Partisipasi pemilih juga meningkat,”  kata Ganjar Selasa (15/12).

Menurut Ganjar, keberhasilan pesta demokrasi kali ini tidak lepas dari peran penyelenggara, para calon kepala daerah, partai politik hingga relawan.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada para calon, partai-partai pengusung dan pendukung termasuk para relawan karena mereka bisa menjaga kondisi ini,” tambah gubernur.

Pria yang hobi bersepeda ini  berharap  pasangan calon yang menang dalam hitung cepat  tidak melakukan euforia berlebihan.

“Yang menang tidak usah selebrasi dengan mengumpulkan dulu, dengan doa saja tunggu, sampai pelantikan,” ujar Ganjar.

Dia  juga meminta jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan apakah ada dampak Pilkada terhadap penyebaran Covid-19.

“Sampai hari ini belum terasa, tapi kita menunggu kalau kena di situ maka setidaknya 4-7 hari. Sampai hari ini belum terlihat, karena memang kerumunan hampir-hampir tidak terjadi,” ujar Ganjar.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat, menuturkan, tingginya partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2020 di Jawa Tengah karena adanya dukungan dari steakholder, salah satunya pemerintah daerah.

“Dari awal kita fokus sosialisasi Pilkada di tengah kondisi pandemi. Kita meyakinkan publik bahwa Pilkada di bawah kendali protokol kesehatan. Dan itu, terus kita kemas dalam sosialisasi lewat media massa dan dukungan Pemda, TNI, Polri, tokoh agama dan masyarakat,” ujarnya.  (Alvin)

 

Comments

comments