Pasangan Hendi-Ita Unggul Telak atas Kotak Kosong di Semarang

Caption: KPU Kota Semarang saat menggelar rapat pleno hasil penghitungan suara Pilkada Kota Semarang./Foto: Dok KPU

Acuantoday.com, Semarang―Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi–Hevearita Gunaryanti Rahayu, dinyatakan menang telak atas kotak kosong dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember 2020 lalu.

Pasangan yang akrab dengan sapaan Hendi–Ita ini memperoleh 91,4 persen atau 716.693 suara. Sementara lawannya, kotak kosong meraih 8,6 persen atau 67.407 suara. Angka ini tersebut merupakan perhitungan yang dilakukan KPU Kota Semarang pada Rabu (16/12)–Kamis (17/12).

Hasil tersebut sudah disampaikan oleh Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, usai Rapat Pleno yang digelar di Hotel Patra Jasa, Semarang.

Meski begitu, KPU Kota Semarang belum menyatakan secara resmi, pasangan Hendi–Ita sebagai pemenang Pilkada Kota Semarang karena harus melalui masa sanggah.

”Harus melalui enam hari masa sanggahan atau gugatan terlebih dulu setelah rapat pleno, baru akan disampaikan penetapan hasilnya. Itu bila ditemukan adanya gugatan atau sanggahan, beber Henry.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemberian waktu gugatan atau sanggahan merupakan bagian dari tahapan normatif yang harus dilalui sesuai aturan yang berlaku. 

Sanggahan terhadap hasil KPU sendiri berkaitan dengan hal-hal mengenai hasil penghitungan surat suara.

”Contohnya, ada yang menggugat kalau persentase kemenangannya berbeda atau ditemukan selisih surat suara,” lanjut Henry menambahkan.

Sementara itu, calon wali kota yang juga petahana wali kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan bahwa pihaknya akan menunggu terlebih dahulu pengumuman resmi dari KPU.

Sembari menunggu pengumuman, ia mengatakan akan terus bekerja melanjutkan pembangunan di Kota Lumpia. 

“Biar KPU mengumumkan resmi dulu. Yang pasti kami, saya dan Mbak Ita hanya bisa berterima kasih untuk warga Kota Semarang karena kami masih dipercaya,” tandas Hendi di Balaikota Semarang. (alvin)

Comments

comments