Patuh Protokol Kesehatan Bagian dari Pahlawan Kemanusiaan

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. /FotoL Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Patuh menerapkan protokol kesehatan sesungguhnya merupakan bagian dari pahlawan kemanusiaan. Karena selain melindungi diri, juga melindungi orang lain dari kemungkinan terpapar virus corona.

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan ketika kita bisa saling melindungi satu sama lainnya, sesungguhnya kita telah menjadi bagian dari pahlawan-pahlawan kemanusiaan.

“Ketika masyarakat telah bisa melindungi diri sendiri, mereka juga dapat sekaligus melindungi orang lain dari kemungkinan paparan yang dapat ditularkan jika tidak memakai masker,” kata Doni Monardo dalam acara Ubah Perilaku Cegah COVID-19 secara virtual di acara salah satu stasiun televisi, Jakarta, Sabtu (26/9/2020).

Ia mencontoh memakai masker merupakan kebiasaan yang ringan dan sangat mudah dilakukan, namun manfaatnya sangat penting untuk diterapkan di tengah pandemi COVID-19 yang masih mendera Indonesia.

“Dengan menggunakan masker, berarti masyarakat telah dapat melindungi diri sendiri. Juga lmelindungi orang lain terpapar virus corona,” ujarnya.

Doni mengajak masyarakat untuk berupaya sekeras mungkin menerapkan protokol kesehatan, yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta sering mencuci tangan dengan sabun, karena dengan mematuhi protokol tersebut berarti masyarakat juga telah membantu para tenaga medis.

“Apa yang kita lakukan untuk menerapkan protokol kesehatan itu belum sebanding dengan pengorbanan para dokter yang berjuang untuk melayani pasien di rumah sakit,” katanya.(ian)

Comments

comments