Patuhi SE Gubernur, Masjid Agung Jateng Batasi Jam Kunjungan dan Ibadah

Acuantoday.com, Semarang―Takmir Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan nomor 443.5/0001933 tertanggal 2 Februari 2021 tentang “Jateng Dirumah Saja” pada 6-7 Februari besok. 

MAJT yang terletak di Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Kota Semarang ini akan melaksanakan pembatasan kunjungan bagi pengunjung yang tidak berkepentingan melaksanakan ibadah.

Pengelola MAJT juga akan menutup Menara Al Husna dan Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah yang selama ini menjadi destinasi wisata religi. 

Drs. KH. Muhyiddin, M.Ag selaku Kepala Kantor Sekretariat MAJT dalam keterangan persnya mengatakan pihaknya akan patuh pada SE Ganjar Pranowo tersebut.

Pembatasan kegiatan di MAJT ini juga sebagai bentuk kepedulian untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah.

Namun, Muhyiddin memastikan pelaksanaan ibadah di MAJT tetap berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan cukup ketat. 

“Untuk kegiatan ibadah di MAJT tetap dilaksanakan dengan penerapan Protokol kesehatan, namun jam buka di kompleks MAJT dibatasi,” ujar Muhyiddin Jumat (5/2). 

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menutup kegiatan lainnya seperti kunjungan ke Menara pandang Al Husna dan Museum Perkembangan Islam.. 

Sekretaris Pelaksana Pengelola MAJT ini menambahkan, jam buka pengunjung MAJT hanya dibuka menjelang waktu salat Rawathib (lima waktu) dan akan ditutup beberapa saat setelah sholat jamaah usai dilakukan.

MAJT hanya dibuka pada setiap waktu salat beribadah dengan rincian satu setengah jam per waktu salat selama lima waktu dalam satu hari. 

Muhyiddin berharap masyarakat dan umat Muslim yang akan berkunjung atau beribadah di MAJT memaklumi keadaan yang ada. 

Menurutnya, program “Jateng di Rumah Saja” yang digagas Ganjar Pranowo sebagai salah satu ikhtiar menghadapi pandemi Covid-19

“Kami harap masyarakat dan jamaah dapat memaklumi kebijakan tersebut demi mengurangi penyebaran dari Covid – 19 dan pandemi ini segera berakhir,” harapnya. (alvin)

Comments

comments