PDIP Sebut Konsolidasi Politik dan Pemerintahan Jadi Modal Penting

Prersiden Joko Widodo/Antara

Acuantoday.com, Jakarta- PDI Perjuangan mengakui pihaknya tantangan yang dihadapi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam masa kepemimpinan mereka satu tahun sangat berat. Masalah pandemi COVID-19 menjadi tantangan utama.

Selain itu, masalah ekonomi menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah, setelah ekonomi Indonesia terus terpukul akibat COVID-19 yang mengancam hampir seluruh sektor usaha di Indonesia. Untuk itu, kata Hasto harus dilakukan konsolidasi politik Pemerintah untuk membangun harapan rakyat Indonesia di tengah COVID-19.

“Dalam tantangan yang tidak ringan tersebut, konsolidasi politik dan Pemerintahan merupakan modal terpenting. Krisis harus dihadapi dengan komunikasi politik yang handal, kemampuan membangun harapan, dan perlunya mempercepat gerak dan laju perekonomian untuk rakyat,” kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis Selasa (20/10).

Dijelaskan Hasto, kemampuan komunikasi antar sesama Kementerian sangat dibutuhkan saat ini, terutama buat Menteri dalam memahami tugas utamanya. Pasalnya, kebutuhan masyarakat Indonesia saat pandemi ini harus diutamakan oleh Pemerintah, terutama soal harga kebutuhan pokok dan lapangan kerja yang baik buat rakyat.

“Koordinasi, kerjasama, dan kemampuan melakukan komunikasi publik bagi seluruh jajaran kabinet bersifat wajib. Menteri harus fokus pada ruang lingkupnya. Hal-hal yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak seperti stabilitas harga kebutuhan pokok rakyat, dan upaya menciptakan lapangan kerja bagi rakyat melalui padat karya berbasis tunai terus dikedepankan,” jelasnya.

Lebih jauh Hasto, kesehatan masyarakat harus menjadi poin utama bagi Pemerintah, baik di pusat maupun daerah dalam menghadapi COVID-19.

“Pada saat bersamaan, peningkatan daya tahan rakyat di dalam menghadapi COVID-19 melalui asupan gizi, protein, dan vitamin yang cukup, harus dilakukan melalui kerja gotong royong seluruh jajaran pemerintahan, pusat hingga daerah,” pungkasnya. (rht)

Comments

comments