Pekikan Takbir Dukung Rizieq, Anggota TNI Ini Kena Sanksi

Rizieq Shihab mendapat sambutan dari ratusan simpatisan setiba di kediamannya, kawasan Petamburan, Jakarta./Foto: Acuantoday.com (Rahmat)

Acuantoday.com, Jakarta―Sanksi militer menanti Kopral Dua Asyari Tri Yudha, anggota Kompi A Yonzikon 11 Kodam Jaya.

Hukuman atas Asyari diberikan setelah sebuah video viral yang diduga suaranya memekikkan takbir mendukung kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Dalam siaran pers virtual, Kapendam Jaya Kolonel Inf Refki Efriandana Edward mengatakan, anggota TNI bersangkutan bakal dijatuhi sanksi, lantaran tindakannya jelas bertentangan dengan hukum, sebagaimana diatur dalam pasal 8 huruf a UU nomor 25 tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer.

“Akan dijatuhi sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya,” kata Refki.

Menurutnya, perbuatan Asyari melenceng dari komando yang dimandatkan, yaitu menjaga keamanan objek vital nasional Bandara Soekarno-Hatta.

Sebelumnya, dalam video berdurasi 17 detik yang diunggah akun Instagram @uyungpancasila_kppp pada 9 November lalu, terlihat beberapa prajurit TNI di dalam mobil truk tengah menuju Bandara Soekarno-Hatta guna melakukan pengamanan jelang tibanya Rizieq.

Di tengah perjalanan, Kopda Asyari yang ada di dalam truk berkata “On the way bandara. Persiapan pengamanan Imam Besar Habib Rizieq Shihab. Kami bersamamu Imam Besar Habib Rizieq Shihab, takbir, Allahu Akbar,” tuturnya.

Rizieq sendiri tiba di Tanah Air sekira pukul 8.30-9 pagi pada 10 November kemarin. Massa dari berbagai elemen masyarakat tumpah ruah menyambut kedatangannya, baik di Bandara Soetta hingga massa yang menanti di kediaman Rizieq di bilangan Petamburan, Jakarta Pusat.

Imbas momen kepulangan Rizieq, dilaporkan sejumlah jadwal penerbangan mengalami penundaan. Selain itu, beberapa properti bandara rusak yang diduga akibat ulah massa. (rwo)

Comments

comments