Pelantikan Wali Kota Semarang Terancam Bakal Tertunda, Ini Alasannya

Pasangan Hendi - Ita saat ditetapkan menjadi pemenang Pilkada Kota Semarang./Acuantoday.com (alvin)

Acuantoday.com, Semarang―Pelantikan Wali Kota Semarang dan Wakil Wali Kota Semarang terpilih, Hendrar Prihadi dan Hevearita G. Rahayu terancam tertunda.

Pelantikan pasangan yang kerap disapa Hendi – Ita ini seharusnya dijadwalkan Rabu (17/2) besok.

Namun, rencana tersebut terancam molor karena Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian belum menentukan tanggal terkait pelantikan kepala daerah terpilih di Pilkada 2020.

Saat ini Pemkot Semarang sendiri masih menunggu kepastian waktu pelantikan dari Kemendagri. Hal ini diungkapkan oleh Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin.

“Kami masih menunggu kepastiannya seperti apa. Apakah diundur atau tidak. Sampai sekarang kami masih belum tahu, karena memang tidak ada surat resmi dari Mendagri,” ujar Iswar, (16/2).

Iswar mengatakan, pihak Pemkot Semarang sebetulnya sudah menyiapkan proses pelantikan jauh-jauh hari sebelum ini.

“Namun karena belum ada kepastian, persiapan kami tunda,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku belum menerima surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait pelantikan kepala daerah terpilih di Pilkada 2020.

“Belum ada informasi dari Mendagri. Nanti begitu ada informasi disiapkan semuanya. Masih diusulkan pada Presiden Joko Widodo terkait jadwal pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada Serentak 2020 lalu,” kata Ganjar pada Minggu (14/2) lalu.

Pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga siap melaksanakan segala instruksi dari Kemendagri dan andai memang mundur, Ganjar sudah menyiapkan penjabat pelaksana harian kepala daerah di Jawa Tengah.

“Pokoknya tunggu informasi dari Kemendagri. Kalau Kemendagri akhirnya mengundurkan itu kita tetapkan pelaksana harian semuanya. Ada yang Sekda dan dari provinsi. Termasuk Wonosobo,” beber Ganjar. (alvin)

Comments

comments