Pembangunan Replika Masjid Agung UEA di Solo Dimulai

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Energi dan Industri UEA Suhail Mohammed Al Mazroui, serta pejabat terkait lainnya pada peletakan batu pertama menandai pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/3/2021). (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Solo- Pemerintah Indonesia telah memulai pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah yang dibangun sebagai simbol persahabatan Indonesia-Uni Emirat Arab.

“Masjid yang memiliki sejarah kekinian ini akan dipersembahkan untuk seluruh umat Islam dan akan dikelola oleh pemerintah Indonesia. Insya Allah (Insya Allah), masjid ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sembari meletakkan batu penjuru masjid di sini pada hari Sabtu (6/3/2021).

Ia mengatakan, masjid yang dibangun dengan dana hibah dari Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammed bin Zayed An Bahan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo itu akan menjadi simbol persahabatan Indonesia-UEA.

“Masjid ini akan menjadi salah satu sarana untuk menyebarkan kebesaran Islam di nusantara dan simbol modernitas dalam beragama untuk menciptakan perdamaian global dan keadilan sosial,” ujarnya.

Masjid tersebut diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai tempat salat berjamaah, tetapi juga sebagai pusat dakwah, aktivitas sosial, pembinaan mental, dan sebagai tujuan wisata religi, ujarnya.

Sementara itu, Menteri Energi dan Industri UEA Suhail Mohammed Al Mazroui mengatakan pemerintah UEA sedang berupaya membuat arsitektur masjid menyerupai masjid di Abu Dhabi.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, masjid merupakan simbol dari arsitektur yang sangat istimewa. Masjid ini nantinya tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tujuan wisata. Masjid yang dibangun di sini tidak hanya mencerminkan keunggulan arsitektur bangunan, tetapi juga bisa juga menjadi sumber pendapatan devisa, ”ujarnya.(har)

 

 

Comments

comments