Pemerintah Amerika Serikat Undang Menhan Prabowo

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto./ Foto : Hardianto

Acuantoday.com, Jakarta- Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto diundang Pemerintah Amerika Serikat melalui Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper untuk berkunjung ke Amerika Serikat pada tanggal 15-19 Oktober 2020.

“Undangan ini untuk melanjutkan pembicaraan detail terkait kerja sama bilateral bidang pertahanan,” kata Juru Bicara Menhan RI Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (8/10).

Menurut dia, sesuai prinsip politik bebas aktif, Indonesia tidak terlibat aliansi militer asing, namun hanya melakukan diplomasi pertahanan ke berbagai negara.

“Sesuai prinsip politik bebas aktif dan tidak terlibat aliansi militer dengan negara mana pun, namun menjaga kedekatan yang sama dengan semua negara,” kata Dahnil.

Selama ini, menurut Dahnil, Menhan Prabowo Subianto selalu aktif melakukan diplomasi pertahanan ke berbagai negara termasuk Amerika Serikat. Oleh karena itu, Menhan Prabowo akan memenuhi undangan resmi Pemerintah Amerika Serikat melalui Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Mark Esper tersebut.

Untuk diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, kembali diperbolehkan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

Sebelumnya, Prabowo Subianto sempat dilarang pergi ke Amerika Serikat sejak tahun 1998 lantaran terkait kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Namun, Prabowo Subianto kembali mendapatkan izin ke Amerika Serikat setelah ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.(har)

Comments

comments