Pemerintah Diminta Selektif Blokir Akun Medsos Penyebar Hoaks

Ilustrasi-Kampanye antihoaks./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta- Pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) rencana akan mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen), untuk memblokir media sosial (Medsos) yang diklaim menyebar informasi tidak benar alias hoaks.

Anggota Komisi I DPR Sukamta mengaku sepakat dengan pemblokiran akun penyebar hoaks di medsos yang kerap menebar fitnah, pornografi, tindakan kekerasan, penipuan dan kejahatan lain yang melanggar hukum. Namun dalam penerapannya harus selektif, hati-hati dan jangan tebang pilih.

“Kebijakan pemblokiran dengan pertimbangan yang subjektif akan bahayakan kebebasan bereskpresi,” kata Sukamta di Jakarta, Rabu (21/10).

Apabila pemblokiran dilakukan secara gegabah, ia mengaku dapat dipersepsikan publik sebagai upaya pembungkaman masyarakat dalam kebebasan berekspresi.

“Saya kira akan muncul dugaan rencana Menkominfo keluarkan Permen pemblokiran media sosial ini sebagai reaksi atas banyaknya suara kritis di masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, Sukamta berpandangan rencana penerbitan Permen ini tidak akan efektif berjalan, jika tidak dibarengi edukasi secara masif ke masyarakat. (rht)

Comments

comments