Pemkot Bandung Kembangkan Tanda Tangan Digital Permudah Administrasi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Yayan A Brilyana

Acuantoday.com, Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyampaikan saat ini mengembangkan tanda tangan digital untuk mempermudah layanan administrasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Yayan A Brilyana menyebut tanda tangan digital dalam surat elektronik sebetulnya sudah mulai bertahap digunakan.”Namun, belum semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pimpinan wilayah yang memanfaatkan skema tanda tangan digital itu,” kata Yayan, Senin (26/4).

Makanya, lanjut Yayan, pihaknya sedang menyiapkan sejumlah hal mempercepat penerapan tanda tangan digital tersertifikasi resmi Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE).”Di Bandung baru sekitar 40 kepala OPD dan kewilayahan yang sudah tersertifikasi melalui BSrE. Sisanya kini tengah diurus untuk bisa segera tersertifikasi,” terangnya.

Selain itu, lanjut Yayan, jajarannya juga terus mematangkan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Umum (Sipaku) yang diluncurkan awal April.”Saat ini ada 4 kecamatan dan 14 kelurahan yang sudah menjalankannya. Selebihnya akan digenjot agar bisa diaplikasikan semua wilayah,” tutur mantan Kabag Humas itu.

Yayan menjelaskan, aplikasi Sipaku ini untuk memberikan kemudahan dan kejelasan pengadministrasian penduduk. Sementara untuk produknya dieksekusi secara daring.”Sipaku ini sistem administrasi seperti misalkan apa persyaratan mengurus atau sampai mana prosesnya, siapa yang nanti mengambil, dan yang lainnya,” jelas Yayan. (dila)

Comments

comments