Pemkot Bandung Kerahkan 400 Personel Satpol PP Pantau Libur Nataru

Potret ratusan personel Satpol PP Kota Bandung saat gelar pasukan./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung―Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengerahkan 400 personel Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) untuk memantau situasi di libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi menyampaikan, 400 personel itu nantinya akan mengamankan sekaligus mengawasi libur Nataru termasuk soal protokol kesehatan yang berlaku saat ini.

“Tugas yang diemban ratusan personel Satpol PP ikut pengendalian pencegahan Covid-19 di Kota Bandung selama masa liburan Nataru,” ungkap Rasdian Setiadi usai kegiatan gelar pasukan, Rabu (23/12).

Selain disiagakan di sejumlah lokasi yang menjadi pusat keramaian pada malam natal nanti, lanjut Rasdian, petugas Satpol PP juga akan melakukan pengawasan di gereja-gereja. 

“Penempatannya ke gereja-gereja besar, ada 11 gereja prioritas yang akan dikawal personel Satpol PP Kota Bandung. Kalau tahun baru kami awasi jalan-jalan protokol dan di taman-taman tematik,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kembali mengingatkan warga yang ada di wilayahnya untuk tidak merayakan malam pergantian tahun. Hal itu untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Semoga warga dapat menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Karena masih ada peningkatan kasus Covid-19 secara signifikan di Kota Bandung,” ungkap Yana.

Sesuai surat edaran dari Satgas Covid-19 Pemerintah Pusat, Provinsi Jabar dan Wali Kota Bandung, lanjut dia, tahun ini warga dilarang mengadakan perayaan Nataru yang berlebihan hingga terjadi kerumunan

“Semata-mata aturan ini demi kebaikan keselamatan kita semua. Apabila masih ditemukan warga yang merayakan pesta tahun baru maka petugas akan bubarkan secara paksa dan diberi sanksi,” katanya.

Yana menambahkan mulai Rabu (23/12) hari ini, petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), serta Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) mulai bertugas.

“Mereka akan menjalankan tugasnya untuk mengamankan dan mengawasi protokol kesehatan di tengah masyarakat. Tentunya ini menjadi salah satu hal yang butuh kerja lebih ekstra,” ungkap Yana. (dila)

Comments

comments