Pemkot Bandung Klaim Penanganan Covid-19 Sudah Maksimal

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Bandung Yorisa Sativa

Acuantoday.com, Bandung – Pemerintah Kota Bandung mengklaim penanganan Covid-19 di wilayahnya sudah maksimal mulai dari tracing, testing, hingga treatment.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Bandung Yorisa Sativa menyebut bila langkah yang dilakukan Pemkot Bandung masuk kategori terbaik di Jawa Barat.”Tracing (penelusuran kontak erat Covid-19) dimasifkan oleh 80 Puskesmas di Kota Bandung sejak Maret 2020 lalu hingga kini,” kata Yorisa dalam keterangan, Rabu (28/4).

Menurut Yorisa, tracing di Kota Bandung sudah sampai ke akar rumput memantau penyakit, mendeteksi, untuk dilakukan upaya berikutnya yaitu testing (pengecekan).”Untuk testing, Kota Bandung punya Lab BSL-2 yang bisa memeriksakan sendiri hasil PCR-nya. Saat ini sudah ratusan ribu warga yang diperiksa secara mandiri,” beber Yorisa.

Sedangkan dalam treatment (perawatan), Yorisa menuturkan pihaknya menerapkan terapi plasma konvalesen sebagai salah satu pengobatan kepada pasien Covid-19.”Dari 36 rumah sakit di Bandung ada 28 diantaranya jadi rujukan Covid-19. Jadi sudah bisa mewakili warga Kota Bandung. Ada juga tempat isolasi terpusat,” katanya.

Yorisa pun menegaskan upaya 3T (tracing, testing, dan treatment) tidak akan kendor selama pandemi Covid-19 belum berakhir sekaligus menyelesaikan program vaksinasi.”Vaksinasi sekarang kita sudah mau masuk wave (gelombang) kedua. Tenaga kesehatan sudah 100 persen tervaksin dosis satu dan kedua. Lalu lansia sedang proses,” jelasnya. (dila)

Comments

comments