Pemkot Bandung Klaim Timbunan Sampah Menurun dengan Program Kang Pisman

Direktur PD Kebersihan Kota Bandung Gun Gun Saptari

Acuantoday.com, Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengklaim bila saat ini timbunan sampah di wilayahnya yang sempat menjadi sorotan saat ini mulai menurun dengan program Kang Pisman.

Program dengan slogan Kang Pisman atau Kurangi Pisahkan Manfaatkan Sampah telah dicanangkan Pemkot Bandung pada awal tahun 2019 lalu dengan cara membangun model percontohan di sebanyak 12 RW.

Kemudian, pada tahun 2020 program Kang Pisman diperluas di Kota Bandung dengan membangun skala kelurahan tepatnya di Kelurahan Sukamiskin dan Cihaurgeulis dan terjadi penurunan sampah dibuang ke TPA.

Direktur PD Kebersihan Kota Bandung Gun Gun Saptari menyebut diwilayah Sukamiskin dan Cihaurgeulis telah terjadi pengurangan timbunan sampah yang dibuang baik itu dari TPS maupun TPA sebesar 32,12 persen.

“Bila mengacu data sampah yang dibuang ke TPA timbunan sampah setiap tahun normalnya meningkat seiring partumbuhan penduduk. Karena setiap penduduk pasti akan menghasilkan sampah,” ungkapnya.

Menurut Gun Gun Saptari meski pun secara volume total sampah masih naik, namun terjadi penurunan cukup signifikan dari persentase trend kenaikan bila dibandingkan dengan data beberapa tahun yang lalu.

“Data timbunan sampah pada tahun 2019 dibanding tahun 2018 dari 16,87 persen turun menjadi 3,96 persen. Bahkan pada tahun 2020 terjadi penurunan volume sampah 0,47 persen dari 2019,” bebernya.

Data-data tersebut diklaim Gun Gun, menjadi sebuah indikator positif program Kang Pisman membawa angin segar dalam perbaikan pengelolaan sampah di Kota Bandung walau proses ini masih panjang.

“Pada akhirnya hal terpenting dari upaya merubah paradigma dari campur-kumpul-angkut-buang sampah menjadi kurangi-pisahkan-manfaatkan sampah adalah terjadinya perubahan budaya,” pungkasnya. (dila)

Comments

comments