Pemkot Bandung Mulai Vaksinasi Kalangan Lansia Jumat Ini

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian dari Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung―Pemerintah Kota Bandung, Jumat (26/2) ini mulai melakukan vaksinasi Covid-19 kepada para masyarakat kategori lanjut usia (lansia).

Secara perdana program vaksinasi Covid-19 yang menyasar sekitar 120 ribu lansia ini digelar di Rumah Sakit Al-Islam, dan diikuti serentak oleh Puskesmas se-Kota Bandung.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian dari Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani menyebut dosis vaksin untuk lansia telah diterima dua hari lalu.

“Kami juga telah distribusikan ke rumah sakit dan puskesmas. Hanya sedikit rumah sakit dan puskesmas yang digunakan untuk kegiatan vaksinasi bagi lansia ini,” ujarnya.

Rosye menuturkan, vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama dan kedua terhadap lansia akan diberi jarak selama 28 hari dengan pertimbangan kondisi kesehatan rentan.

“Jika lansia kesulitan melangkah 10 anak tangga, mudah lelah, memiliki 5 penyakit dari 11 penyakit seperti hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, jantung, maka vaksinasinya akan ditunda,” kata Rosye.

Lebih lanjut, Kabid Pencegahan dan Pengendalian itu menambahkan, sesuai data total lansia yang terdata di Kota Bandung mencapai 280 ribu hingga 300 ribu orang.

“Mengingat kuotanya kami baru mendapat 120 ribu orang lansia mereka yang belum selanjutnya akan menjalanni vaksinasi Covid-19 secara bertahap,” tandas Rosye. (dila)

Comments

comments