Pemkot Desak Perusahaan di Kota Bandung Berikan Pekerja BPJSTK

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat diwawancarai awak media. (Foto : Dila/Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Bandung- Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengingatkan seluruh perusahaan mengikutsertakan para pekerjanya dalam kepesertaan BPJSTK (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan).

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang telah memberikan dampak signifikan terhadap sektor ekonomi dan juga soal ketenagakerjaan. Pekerja harus terdaftar dalam BPJSTK,” kata Yana, Senin (21/12).

Yana menegaskan kepesertaan BPJSTK merupakan amanat ketentuan perundangan yang harus dipenuhi perusahaan. Pemkot Bandung telah menindaklanjuti dengan menerbitkan Perda No 4 Tahun 2018 yang memuat ketentuan bahwa setiap perusahaan wajib mengikutsertakan pekerja dalam program jaminan sosial.

“Di tengah pandemi Covid-19, kami lebih mengutamakan sisi kesehatan. Karena kesehatan dan ekonomi ini bagaikan dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Sejak Juni kami menerapkan relaksasi ekonomi dengan kehati-hatian,” ucapnya.

Pemkot Bandung, lanjut Yana Mulyana, tetap berkomitmen terus memberikan kesejahteraan termasuk di tahun 2021 mendatang. Pemkot akan meningkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan baik sektor tenaga formal maupun non formal.

“Intinya perusahaan wajib mendaftarkan pegawainya. Apabila tidak mendaftarkan akan di sanksi. Entah administratif berupa teguran tertulis, denda atau tak mendapat pelayanan publik tertentu,” tegas Yana.

Yana menambahkan, untuk mendorong pekerja formal atau informal mendapat jaminan kesejahteraan sosial, Pemkot Bandung akan mengwasi memetakan hingga tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Sehingga dari hasil maping tersebut dapat terlihat berapa angka pekerja yang belum mendapat jaminan sosial. Mudah-mudahan upaya ini bisa menambah jumlah kepesertaan BPJSTK,” ungkapnya.(dila)

Comments

comments