Pemkot Dukung Penuh Penerapan Tilang Elektronik di Kota Bandung

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana./Foto: Acuantoday.com (Dila)

Acuantoday.com, Bandung―Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan siap mendukung penerapan tilang elektronik yang kini tengah direncanakan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di Kota Bandung.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap dengan adanya sistem tilang elektronik membuat masyarakat, utamanya pengendara yang kerap melintasi Kota Bandung lebih tertib.

“Kami tentunya ingin ada hal positif dari tilang elektronik ini salah satunya akan mengurangi kemacetan. Kan orang ga akan berani lagi berhenti atau parkir sembarangan,” kata Yana, Sabtu (6/2).

Sebagai bentuk dukungan secara penuh terhadap rencana itu, Yana mengatakan bila Pemkot Bandung siap dalam menjalin kerja sama dengan kepolisian setempat seperti mengintegrasikan soal CCTV.

“Pada prinsipnya kita siap membantu mengintegrasikan CCTV milik Pemkot yang saat ini ada disejumlah titik di Kota Bandung. Kan untuk memotret plat nomor kendaraan perlu CCTV,” ungkapnya.

Sementara perihal penindakan dan juga penegakan hukum, lanjut Yana Mulyana, Pemkot Bandung menyerahkan kepada pihak kepolisian walau ada instansi di lapangan yang ikut mengawasi kendaraan.

“Soal penindakan itu memang domainnya ada di pihak kepolisian tapi kita di Pemkot Bandung siap membantu dengan turut menyiapkan dalam aspek infrastruktur lalu sarana prasarananya,” tegas Yana.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima wartawan, Polda Jawa Barat saat ini tengah mematangkan berbagai persiapan jelang penerapan tilang elektronik di wilayah hukumnya.

Selain menata sejumlah sarana dan prasarana berikut infrastruktur, jajaran Polda Jawa Barat melalui Ditlantas pun tengah mengkaji soal sanksi bagi para pengendara yang terkena tilang elektronik.

Sejauh ini, dari 27 kabupaten/ kota yang ada di Jawa Barat, Polda baru berencana menerapkan tilang elektronik di 2 wilayah sebagai percontohan. Ke-2 wilayah itu Kota Bandung dan Kota Cirebon. (dila)

Comments

comments