Pemprov Jateng Gelar Operasi Yustisi dan Tes Antigen

Satpol PP Jateng saat briefing sebelum melaksanakan operasi yustisi. Foto: Dok Satpol PP Jawa Tengah. (Foto : Alvin/Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Semarang- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta jajarannya untuk melaksanakan operasi yustisi dan tes antigen bagi pendatang yang masuk ke Provinsi Jawa Tengah.

Ada pun titik-titik yang disasar adalah tempat peristirahatan atau rest area serta objek wisata yang dipusatkan di 11 titik. Hal ini untuk mengantisipasi melonjaknya angka penyebaran Covid-19 di wilayah yang dipimpin oleh Ganjar Pranowo ini.

Ke 11 titik itu adalah objek wisata (OW) Dieng di Kabupaten Wonosobo pada 24 dan 27 Desember 2020, OW Borobudur di Magelang pada 23 dan 31 Desember, OW Baturaden di Banyumas pada 24 dan 27 Desember, Dusun Sumilir Bandungan di Kabupaten Semarang pada 24 dan 27 Desember, OW Prambanan di Klaten pada 26 dan 31 Desember, dan OW Tawangmangu di Karanganyar pada 24 dan 27 Desember.

Sedangkan rest area yang menjadi titik kegiatan di sepanjang tol adalah Rest Area 260 B di Kabupaten Tegal pada 27 dan 31 Desember, Rest Area 379 di Batang pada 24 dan 26 Desember, Rest Area 429 di Kabupaten Semarang pada 24 dan 27 Desember, Rest Area 456 A di Kabupaten Semarang pada 26 dan 31 Desember, serta Rest Area 456 B di Kabupaten Semarang pada 26 dan 31 Desember.

Rencananya, operasi yustisi dan tes antigen akan melibatkan Satpol PP, Kepolisian, TNI dan dinas kesehatan provinsi mau pun kabupaten/kota.
Budiyanto Eko Purwono selaku kepala Satpol PP Jawa Tengah mengungkapkan bahwa 11 titik diputuskan atas perintah Ganjar Pranowo dan nantinya semua unsur akan saling membantu untuk kegiatan operasi yustisi.

“Itu (11 titik) jadwal-jadwal dari pak gubernur. Dalam konteks jadwal itu kita juga mengerahkan personel yang memback up penuh di sana,” tandas Budiyanto dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (21/12/2020) malam.

“Bikin tim, membagi-bagi di sana. Kira-kira mungkin 50 orang, kita sebar ke lapangan,”imbuhnya.

Untuk jumlah personel Satpol PP Jateng yang akan dilibatkan, Budiyanto mengatakan akan ada sekitar 50 orang dan di setiap tempat ditempatkan 15 orang.

Mereka akan bertugas mulai dari memantau, sampai teknis pengamanan, bersama Satpol PP kabupaten dan kota. Sementara untuk jam giat yang dilakukan, kata Budi, di antaranya dilakukan mulai pukul 08.00 WIB sampai tengah malam selama libur Natal dan tahun baru. “Jadi waktunya sampai di luar jam kerja,” ucapnya.

“Kita gantian, satu tim ini, kita ganti tim lainnya,” pungkas Budiyanto.(Alvin)

Comments

comments