Pemuda Asal Antapani Kota Bandung Ciptakan Sepeda Listrik

Pemuda asal Antapani Kota Bandung Taufiqul Rahman menciptakan sepeda listrik

Acuantoday.com, Bandung – Inovasi kembali hadir di Kota Bandung. Seorang pemuda asal Antapani bernama Taufiqul Rahman (19) menciptakan sepeda bertenaga listrik. Taufiqul Rahman menamai inovasinya Vector. Warga Jalan Sariwates itu menyebut bila sepeda listik hasil inovasinya mampu berjalan hingga kecepatan 60 km per jam.

Taufiqul Rahman menciptakan sepeda listrik tersebut saat memanfaatkan waktu libur kuliah. Saat ini ia berkuliah di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya. Ia merakit sepeda listrik dari nol sampai mampu digunakan membutuhkan waktu 14 hari saja. Uniknya, ia memanfaatkan barang bekas untuk membuat sepeda listrik itu.

“Dua minggu itu mulai dari nol. Kerangka, kelistrikannya dan sistem, seperti software (perangkat lunak),” ucap Taufiqul Rahman dalam keterangannya pada, Senin (15/3).

Untuk bahan pembuatan sepeda listik Vector, Taufiqul Rahman menyebut hanya memanfaatkan bahan bekas di bengkel. Seperti frame sepeda yang digunakan lagi.

Berbeda dengan sepeda listrik seperti biasanya, ia merancang sepeda ini mulai dari kecepatan, keamanan dan kenyamanan dengan kapasitas listrik hingga 1.000 Watt.

“Menerapkan fitur keamanan. Mulai dari finger print, kartu, remote dan terkontrol menggunakan smartphone di android juga IOS. Cukup 2,5 jam saja baterai sudah penuh dan sepeda bisa digunakan lagi,” tuturnya.

Selain itu, Taufiqul Rahman juga tak hanya menghadirkan inovasi berupa sistem listrik namun juga turut menciptakan sebuah aplikasi agar tahu dimana posisi sepeda. “Untuk nama (aplikasi) sih belum ada ya. Tapi ini nantinya bisa digunakan ke sepeda yang lain. Ini mengontrol aktivitas sepeda, letak sepeda dengan GPS,” tambahnya. (dila)

Comments

comments