Penelitian: Ibu Hamil Trimester Ketiga tak Tularkan Virus SARS-CoV-2 pada Bayi Baru Lahir

Ilustrasi ibu dan bayinya--sumber foto webmd.com

Acuantoday.com— Ibu hamil yang terinfeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid 19, saat trimester ketiga tidak mungkin menularkan virus tersebut kepada bayi mereka yang baru lahir. Demikian studi terbaru yang diterbitkan pada Selasa (22/12).

Studi yang didanai oleh Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat (AS) itu meneliti 127 ibu hamil yang dirawat di rumah sakit Boston selama musim semi 2020.

Di antara 64 ibu hamil yang teruji positif SARS-CoV-2, tidak satu pun dari bayi mereka yang baru lahir dinyatakan positif terkena virus tersebut.

“Studi ini memberikan beberapa kepastian bahwa infeksi SARS-CoV-2 selama kehamilan trimester ketiga tidak mungkin melewati plasenta hingga ke janin, namun perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi temuan ini,” kata Diana Bianchi, Direktur Institut Kesehatan Anak dan Perkembangan Manusia Nasional Eunice Kennedy Shriver.

Hasil yang dilaporkan itu terbatas pada ibu hamil di trimester ketiga karena data tentang ibu hamil yang terinfeksi saat trimester pertama dan kedua masih dikumpulkan dan dievaluasi, menurut studi tersebut yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open.

Para peneliti merekomendasikan bahwa temuan mereka dapat membantu meningkatkan perawatan pada ibu hamil yang terjangkit Covid-19 dan bayi mereka yang baru lahir, serta memberikan informasi untuk membantu pengembangan strategi baru dalam melakukan vaksinasi pada ibu hamil. ***dian/xinhua/ant

Comments

comments