Pengadaan Vaksin COVID 19, 184 Negara Tergabung Dalam COVAX

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memberi info perkembangan terbaru, soal situasi wabah COVID-19, di Jenewa, Swiss (24/2). (ANTARA/REUTERS/Denis Balibouse)

Acuantoday.com- Genewa – Sebanyak 184 negara telah bergabung dengan fasilitas COVAX, program yang akan membiayai vaksin COVID-19 dan menyalurkannya secara merata, baik ke negara kaya maupun miskin.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Senin (19/10), mengatakan Ekuador dan Uruguay menjadi negara terakhir yang bergabung dalam fasilitas COVAX.

Tedros memaparkan, program COVAX memungkinkan terjadinya perlindungan pada mereka yang beresiko tinggi terpapar COVID 19.

“Pembagian vaksin yang adil merupakan cara tercepat untuk melindungi masyarakat yang berisiko tinggi, menstabilkan sistem kesehatan serta mendorong pemulihan ekonom global yang sesungguhnya,” katanya.

Indonesia masih dalam proses menjadi anggota COVAX. Menteri Luar Negeri Retno . Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir telah bertemu Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Setelah pertemuan Retno Marsudi, Erick Thohir dan Tedros Indonesia hampir pasti menjadi anngota COVAX .(Tina/Ant)

Comments

comments