Pengurus Jadi Tersangka, IPW Sesalkan Dirkrimsus Polda Metro Jaya

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta―Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengaku, Ketua bidang Investigasi IPW Joseph Erwiantoro jadi tersangka karena dilaporkan oleh pria bernama Agustinus Eko Rahardjo pada 20 November 2020.

Menurut Neta, pihaknya sudah meminta keterangan ahli dari 2 pakar bahasa, yang intinya Joseph tidak melakukan penghinaan pada Agustinus tapi tetap dijadikan tersangka oleh Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis.

”Dirkrimsus Polda Metro Jaya tidak menggubris perintah Kapolri Listyo yang intinya penggunaan UU ITE harus lebih selektif dan bukan alat kriminalisasi. Kombes Auliansyah harus dicopot karena membangkang perintah Kapolri,” kata Neta di Jakarta, Selasa (23/2).

Mantan Wakil Pemimpin Redaksi Surat Kabar Jakarta itu menjelaskan, IPW khawatir aksi pembangkangan para penyidik terhadap perintah Listyo itu memicu keresahan di masyarakat.

Anggapan UU ITE jadi alat kriminalisasi, jelas Neta, akan berujung pada ketidakpercayaan publik dan benturan sosial antara masyarakat dengan pimpinan kepolisian.

“Karena masyarakat merasa dikriminalisasi dengan pasal-pasal karet UU ITE yang ‘dimainkan’ para penyidik,” pungkasnya. (mmu)

Comments

comments