Percepat Program Vaksinasi, Pemkot Bandung Dibantu Rumah Sakit TNI-Polri

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara

Acuantoday.com, Bandung – Jajaran Dinas Kesehatan Kota Bandung hingga saat ini tengah berupaya mempercepat program vaksinasi Covid-19 sesuai dengan instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan pihaknya mewakili Pemkot Bandung bersyukur dalam upaya penuntasan program vaksinasi Covid-19 beberapa instansi ikut serta membantu.

“Rumah Sakit untuk melayani vaksinasi juga ada yang dari TNI dan Polri. Tak hanya lokasi tapi juga menyiapkan tenaga, dengan segala kelengkapannya, jadi memberi kontribusi yang luar biasa,” kata Ahyani, Minggu (21/3).

Sebetulnya, lanjut Ahyani, pada program vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung, Pemkot bersama swasta telah menyiapkan sekutar 180 faskes dan 1.181 vaksinator untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19.

“Terdiri dari Rumah Sakit, 80 Puskesmas yang tersebar di 30 Kecamatan, dan sisanya bantuan dari swasta yaitu klinik. Makanya kami perlu terus menggenjot ini apalagi ada batas kadaluarsa vaksin Covid-19,” bebernya.

Bukan hanya menyelesaikan program vaksinasi, Ahyani menyebut, pihaknya yang ditunjuk Pemkot Bandung sebagai leading sector ikut menyosialisasikan soal manfaat vaksin dan donor plasma konvalesen.

“Vaksin bertujuan untuk membentuk imun artinya tubuh akan aktif untuk membentuk antibodi. Kita dikasih antigen dari virus yang sudah dimatikan kemudian tubuh kita merespon membentuk antibodi,” terangnya.

Sementara terapi plasma konvalesen, kata Ahyani Raksanagara, adalah terapi bagi para pasien Covid menggunakan plasma orang yang telah sembuh dari paparan dan infeksi virus corona atau Covid-19 sebelumnya.

“Kalau plasma konvalesent, itu kita diberikan sudah dalam bentuk antibodi. Jadi kalau plasma diberikan ke yang sakit vaksin untuk yang sehat. Diimbau bagi yang sembuh dari Covid agar donorkan plasma,” katanya. (dila)

Comments

comments