Pertama di Indonesia Kolam Berkabut di Kota Bandung

Wali Kota Bandung Oded M Danial saat meninjau lokasi kolam retensi yang bisa menghasilkan kabut di Taman Puspa Kandaga yang terletak di Jalan Citarum.(Foto : Dila/Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Bandung- Ingin bernostalgia tentang Kota Bandung yang memiliki suasana berkabut? Sepertinya anda bisa mengunjungi Taman Puspa Kandaga yang terletak di Jalan Citarum.

Tepatnya di salah satu kolam retensi yang ada di kawasan Taman Puspa Kandaga, Jalan Citarum, Bandung Wetan, Pemkot Bandung saat ini tengah mengembangkan kolam berkabut dan instalasi saringan.

Kabut yang dihasilkan bukan serupa asap, namun diberikan nuansa relaksasi. Untuk diketahui, kabut yang dibuat bukan hasil proses kimia tapi memakai pendekatan proses fisika melalui mist technology.

Kabut ini dibuat dengan memanfaatkan pompa bertekanan tinggi untuk menekan air melalui nozzle berdiameter nano dan menghasilkan butiran sangat kecil. Air yang digunakan berasal dari air tanah.

Kendati begitu, warga di Kota Bandung atau yang penasaran ingin melihat harus menunggu pandemi Covid-19 berakhir. Karena Pemkot Bandung saat ini masih menutup fasilitas publik selama pandemi.

“Saya harap ini bisa memberikan manfaat untuk warga Kota Bandung minimal yah fungsi kolam retensi ini bisa menekan bencana banjir di hilir,” ucap Wali Kota Bandung Oded M Danial, Selasa (22/12).

Wali Kota Bandung Oded M Danial saat meninjau lokasi kolam retensi yang bisa menghasilkan kabut di Taman Puspa Kandaga yang terletak di Jalan Citarum.(Foto : Dila/Acuantoday.com)

Kendati sudah diresmikan, Oded menegaskan, area kolam berkabut ini masih belum diperkenankan untuk di akses warga. Sebab, saat ini status Kota Bandung masih di zona merah Covid-19.

“Ketika pandemi Covid-19 sudah mereda sejumlah fasilitas ruang publik menjadi lebih nyaman diakses. Kedepan kolam berkabut ini jadi bagian dari upaya agar ruang publik lebih banyak lagi,” ujarnya.

Oded menyebut awalnya keberadaan dari kolam retensi di Taman Puspa Kandaga ini menjadi bagian dari upaya Pemkot Bandung untuk mengatasi masalah banjir dan terinspirasi dari kondisi Bandung dulu

“Kita mencoba mengembalikan (nuansa Kota Bandung) walaupun kecil tapi kalau diperbanyak mulai dari yang kecil seperti ini bisa bermanfaat lebih. Dan komitmen Pemkot akan terus menata kolam retensi dan aliran sungai,” ungkap Oded M Danial.(dila)

Comments

comments