Pertama Kali di Ceko, Kasus COVID-19 Capai 1000 Lebih dalam Sehari

Warga di Republik Ceko bercengkarama di salah satu sudut ruang publik, Rabu (9/9/2020). Pemerintah Ceko merilis terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang untuk pertama kalinya mencapai di atas 1000 dalam sehari/ Foto: Antara

Acuantoday.com, Praha- Untuk pertama kalinya, pemerimtah Republik Ceko mendapati kasus warganya yang terkonfirmasi COVID-19 lebih dari 1000 orang dalam sehari.

Pada Rabu (8/8/2020), Republik Ceko mendapati warganya yang terpapar COVID mencapai 1.164 kasus baru, di saat negara tersebut memerangi penyebaran virus corona.

Selama September biasanya angka kasus harian COVID-19 di atas 500, jauh melebihi puncak harian sebelumnya, yakni 377 kasus pada Maret selama gelombang pertama infeksi.

Otoritas Ceko, yang saat itu langsung menerapkan penguncian ketat pada Maret, sangat ingin menghindari langkah itu lagi setelah ekonomi anjlok 11 persen pada periode April-Juni secara tahunan.

Lonjakan kasus COVID-19 di Ceko termasuk yang tercepat di Eropa, dengan tingkat infeksi selama dua pekan terakhir hanya lebih cepat di Spanyol, Prancis, Malta, Rumania dan Kroasia, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) Uni Eropa.

Kecepatan Ceko sekitar tiga kali lipat dari negara tetangga Jerman.

Namun, total kematian COVID-19 di Republik Ceko masih terbilang rendah dibanding dengan banyak negara lainnya di Eropa. Sejak awal pandemi tercatat 441 kematian dari total 29.887 kasus di Ceko,

Pasien rawat inap meningkat dalam sepekan terakhir, akan tetapi masih setengah dari jumlah di awal pandemi. Pemerintah mengungkapkan bahwa banyak kasus baru yang tidak menunjukkan gejala dan menyasar pada kaum muda.(ian)

Comments

comments