PHRI Respon Positif Dana Hibah Pariwisata

Acuantoday.com, Jakarta –– Dana hibah dari pemerintah disambut baik pelaku usaha pariwisata karena dapat menyelamatkan industri wisata dari dampak pandemi COVID 19.

“Kami mewakili industri hotel dan restoran mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat khususnya,”kata Sekertaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran, dalam diskusi virtual, Jumat (23/10).

Kemenparekraf akan menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp3,3 triliun bagi pelaku usaha pariwisata dan pemerintah daerah.

Sebelumnya, Kamis kemarin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan dana hibah pariwisata merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digagas pemerintah dalam upaya menghadapi dampak dari pandemi COVID-19.

“Tujuan utama dari hibah pariwisata ini adalah membantu pemerintah daerah serta industri hotel dan restoran yang saat ini sedang mengalami gangguan finansial serta pemulihan (recovery) di saat penurunan pendapatan asli daerah (PAD) akibat pandemi COVID-19 dengan jangka waktu pelaksanaan hingga Desember 2020,” kata Wishnutama.

Maulana Yusran mengatakan, pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat parah bagi para pelaku usaha pariwisata. Pemberian dana hibah, menurut dia, menjadi angin segar bagi industri pariwisata Indonesia untuk kembali bangkit.

Kepastian pemberian dana hibah pariwisata ini, jelas Maulana, menjawab keraguan sebagian pelaku usaha restoran dan hotel terkait program dari pemerintah ini. (Yati/Ant)

 

Comments

comments