Pimpinan MPR: UKW Tingkatan Profesionalisme Wartawan

Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani saat membuka Uji kompetensi wartawan (UKW) Angkatan ke-51 yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya bekerja sama dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) di Ruang GBHN, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/4/2021). (Foto : Biro Pemberitaan MPR RI)

Acuantoday.com, Jakarta- Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani berharap uji komptensi wartawan (UKW) mampu meningkatkan profesi wartawan dalam menjalankan tugas dan kerja jurnalistik.

Penegasan disampaikan Arsul Sani saat membuka UKW Angkatan ke-51 yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya bekerja sama dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) di Ruang GBHN, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

UKW yang diselenggarakan selama dua hari pada 7-8 April 2021 itu diharapkan dapat dilaksanakansecara berkelanjutan.

“Saya berharap melalui UKW insan pers dapat meningkatkan kemampuannya, dan betul-betul menjadi bekal bagi wartawan untuk memenuhi kualifikasi dalam menjalankan profesinya,” ujarArsul.

Seperti profesi yang lain, kata Arsul, UKW juga penting bagi para wartawan, untuk memastikan bahwa insan pers juga mengikuti update kemampuan profesionalnya.

“Bukan hanya sertifikatnya, tetapi update kemampuan itu harus dilakukan secara berkala. Ini penting untuk menambah pengetahuan dan pengalaman setiap wartawan,” imbuh Arsul.

Ia berharap semua peserta memanfaatkan uji kompetensi kali ini untuk meningkatkan kemampuan masing-masing. Agar ke depan kerja-kerja Jurnalistik di lingkungan parlemen bisa semakin baik.

“Kita harus mengupayakan seluruh wartawan di perlemen ini bisa ikut UKW. Dengan harapan, pekerjaan mereka memberitakan MPR bisa diterima masyarakat dengan baik,” kata Arsul.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua PWI Pusat Atal S. Depari, Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen Marlen E Sitompul, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Setjen MPR RI Siti Fauziah, serta Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga Setjen MPR Budi Muliawan.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari mengatakan kegiatan UKW akan menguatkan pers sebagai pilar demokrasi dalam sistem ketatanegaraan di tanah air.

“Bahkan, mungkin ketika parlemen dirasakan lemah dalam mengawal jalannya pemerintahan, dengan pers yang kuat pemerintah bisa tetap berjalan baik sesuai relnya,” kata Atal.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Setjen MPR RI Siti Fauziah berharap dengan UKW maka awak pers akan menjadi penyampai berita yang besar dan menjadi penyeimbang serta meluruskan informasi dan berita bohong (hoak) yang marak terjadi media sosial.(har)

Comments

comments