Poin-Poin Masukan Kompolnas yang Bakal Ditanyakan ke DPR ke Calon Kapolri

Arsip - Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo tatkala serah terima jabatan Kabareskrim di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). /Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah memberikan masukan ke Komisi III DPR RI terkait dengan fit and proper test atau uji kepatutan calon tunggal Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo pada, Rabu (20/1) besok. 

Menurut Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto, pihaknya memberikan masukan agar Komisi III fokus pada rekam jejak, karir hingga prestasi Listyo Sigit selama menjadi polisi. 

Pasalnya, poin-poin ini akan menjadi pertimbangan DPR untuk menerima atau menolak.

“Masukannya lebih banyak ke rekam jejak, kariernya dari awal hingga terakhir Kabareskrim bagaimana, ada gak catatan-catatan negatif,” kata Benny Mamoto usai menghadiri RDP dengan Komisi III, Senin (18/1).

Kemudian, lanjut dia, pihaknya juga meberikan masukan agar menanyakan prestasi yang pernah dicapai, termasuk Kelemahan-kelemahannya.

“itu semua sudah kita sampaikan, itulah yang akan menjadi bahan ketika fit and propert test nanti,” katanya.

Dikatakan Benny Mamoto, Kapolri baru ke depan harus mampu melanjutkan reformasi kultural dalam tubuh Polri itu sendiri, baik secara internal maupun eksternal. 

“Jadi tantangan ke depan ini ke depan internal ada dan eksternal ada, internal kita semua tau bahwa reformasi kultural harus lanjut,” ucapnya.

Pensiunan polisi dengan pangkat Irjen ini juga menyarankan DPR untuk menekan calon Kapolri pengganti Jenderal Pol. Idham Azis agar membangun soliditas dalam tubuh Polri, demi tercapainya kinerja yang baik. 

“Kemudian bagaimana membangun soliditas, dengan soliditas itu akan menghasilkan kinerja yang baik,” jelasnya. (rht)

Comments

comments