Polda Metro Klaim Natal 2020 di Jakarta Berjalan Aman 

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus ./ Foto L Antara

Acuantoday.com, Jakarta-Polda Metro Jaya mengklaim, perayaan Natal 2020 di Ibu Kota sejauh ini masih dalam kondisi baik-baik saja. 

Sejauh ini belum ada tanda-tanda ancaman teror yang mengganggu jalannya hari raya umat Kristiani.

“Potensi ancaman tidak ada, aman masih landai kondusif,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (25/12).

Kendati begitu, pengamanan terus digiatkan. Personel tetap dikerahkan menjaga sebanyak 1.635 gereja, di mana 136 gereja di antaranya menjadi prioritas pengamanan.

Di gereja-gereja prioritas itu, ucap Yusri, personel yang dikerahkan sebanyak 1.558 orang. 

Jumlah personel sebanyak itu merupakan bagian dari total 8.179 personel gabungan lintas aparat untuk pengamanan Operasi Lilin Jaya 2020, terkait pengamanan Tahun Baru 2021 yang berlangsung sejak 21 Desember 2020 hingga 4 Januari.

Pengamanan yang dilakukan hari ini adalah wujud antisipasi atas tragedi kelam perayaan Natal medio Desember 2000.

Ketika itu, sejumlah bom meledak serentak di sejumlah gereja di Indonesia saat bersamaan berlangsung Misa Natal. 

Ledakan terjadi di Medan, Pematang Siantar, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bekasi, Sukabumi, Bandung, Pangandaran, Kudus, Mojokerto, dan Mataram.

Di Batam, ledakan terjadi di Gereja Katolik Beato Damian Bengkong, Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Sungai Panas, Gereja Bethany Lantai II Gedung My Mart Batam Center, dan Gereja Pantekosta di Indonesia Pelita, Jalan Teuku Umar. 

Di Pekanbaru, bom meledak di Gereja HKBP Pekanbaru di Jalan Hang Tuah dan Gereja di Jalan Sidomulyo.

Sementara di Jakarta, bom menghajar empat gereja dan satu sekolah, yaitu Gereja Katedral, Gereja Matraman, Gereja Koinonia Jatinegara, dan Gereja Oikumene Halim, dan Sekolah Kanisius Menteng Raya.  

Bom juga meledak di Sukabumi, tepatnya di Gereja Pantekosta Sidang Kristus di Jalan Masjid 20 Alun-alun Utara dan Gereja di Jalan Otto Iskandardinata.

Di Kudus, ledakan terjadi di Gereja Santo Yohanes Evangelis di Jalan Sunan Muria 6. Di Bandung, bom meledak di Pertokoan Jalan Cicadas dan di Jalan Terusan Jakarta 43.

Mojokerto diserang empat ledakan, yaitu Gereja Allah Baik di Jalan Tjokroaminoto, Gereja Santo Yosef di Jalan Pemuda, Gereja Bethany, dan Gereja Eben Haezer di Jalan Kartini.

Di Mataram, serangan bom terjadi di Gereja Protestan Barat Imanuel di Jalan Bung Karno, Gereja Betlehem Pantekosta Pusat Surabaya (GBPPS), dan Pekuburan Kristen Kapitan Ampenan. (rwo)

Comments

comments