Polemik Gelaran Pilkada, KPU Tegaskan Siap Laksanakan Kapan pun

Salah seorang warga Demak, Jawa Tengah, menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 2020

Perihal RUU Pemilu, KPU Siap Kapanpun Gelar Pilkada

Acuantoday.com, Jakarta―Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menegaskan pihaknya siap melaksanakan Pilkada kapan pun. 

Hal ini dikatakan menyusul polemik revisi Undang-Undang (RUU) Pemilu di kalangan legislatif dan eksekutif.

“Prinsipnya kami pelaksana UU. Tentu kapanpun Pilkada dilaksanakan kami harus siap menyelenggarakannya,” kata Ilham kepada wartawan, Selasa (2/2).

Menurut Ilham, KPU hingga kini masih menunggu keputusan politik Pemerintah dan DPR RI yang saat ini sedang membahas RUU Pemilu. “Kami masih menunggu keputusan politik dari DPR dan Pemerintah,” ujarnya.

Dikatakan Ilham, KPU selaku penyelenggara Pemilu juga siap memberikan masukan kepada Pemerintah dan DPR terkait dengan penetapan waktu Pilkada serentak nanti. 

“Jika diberi kesempatan untuk memberikan pandangan berdasarkan pengalaman menyelenggarakan Pilkada/Pemilu kami juga siap,” ucapnya.

Dijelaskannya, KPU masih mengacu pada UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi UU. Dalam UU itu, Pilkada digelar pada 2024. “Ya UU-nya masih berlaku,” jelasnya.

Sebagai informasi, RUU Pemilu saat ini sedang dibahas di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. Dalam draf revisi itu, pelaksanaan Pilkada serentak pada 2022. (rht)

Comments

comments