Polisi Amankan 1.635 Gereja di Jakarta, 136 Gereja Besar Dijaga Ekstra

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus sebut ribuan dalam demonstrasi lanjutan tolak Omnibus Law di Jakarta, berhasil ditangkap. Puluhan dinyatakan reaktif virus corona. /Foto: Acuantoday.com (Rohman Wibowo)

Acuantoday.com, Jakarta-Polda Metro Jaya, menyiapkan personelnya untuk pengamanan di 1.635 gereja, selama momen Natal 2020. 

Dari jumlah itu, terdapat 136 gereja yang menjadi skala prioritas pengamanan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, dalam keterangannya, Rabu (24/12), mengatakan, dari 136 gereja yang menjadi skala prioritas pengamanan semuanya merupakan gereja-gereja besar.

“Beberapa tempat 1.635 gereja yang kita amankan. Ada beberapa gereja yang menjadi prioritas, ada sekitar 136 gereja yang menjadi skala prioritas,” katanya. 

Di gereja-gereja prioritas itu, ucap Yusri, personel yang dikerahkan sebanyak 1.558 orang. 

Jumlah personel sebanyak itu merupakan bagian dari total 8.179 personel gabungan lintas aparat untuk pengamanan Operasi Lilin Jaya 2020, terkait pengamanan Tahun Baru 2021 yang berlangsung sejak 21 Desember 2020 hingga 4 Januari.

“Dari TNI 600 personel, Polri 7.054 personel dan Pemda DKI Jakarta 525 personel,” ucap Yusri. 

Yusri menjelaskan personel tersebut akan disebar dalam 90 pos pengamanan, yang terdiri dari 61 pos pengamanan dari Pemprov DKI Jakarta dan 29 pos pengamanan kepolisian.

Selain itu, aparat juga menyiapkan 30 pos pelayanan dengan tujuh pos berada di Jakarta dan 23 pos berada di luar Jakarta, yakni di Depok, Tangerang dan Bekasi.

Dalam perayaan Natal di tengah masa pandemi ini, Yusri menyebut jalannya perayaan akan berlangsung berbeda. Di mana ada aturan-aturan soal protokol kesehatan, yang mesti ditegakkan. 

“Yang biasanya dua ribu, mereka menerima jemaat cuma 200 sekarang di gereja. Sisanya melalui virtual, masuknya pun terdaftar melalui online dan masuk menggunakan barcode jadi tidak mudah. protokol kesehatan tetap dilaksanakan 3M di situ,” tuturnya. (rwo)

Comments

comments